sibibipAvatar border
TS
sibibip
[FR] Singapore 4D3N, 10-13 Maret 2013 bareng Istri & Anak


Halo agan
berikut adalah FR ke Singapore 10-13 Maret 2013

pesertanya Gue, Istri gue dan anak (2 Tahun 5 bulan)
Budget Basic 1 Keluarga (Hotel, Makan, Transpor, tiket atraksi) Rp. 6,5 juta
tiket pesawat AirAsia promo 1,5 juta pp bertiga (anak sudah dihitung 1 kursi)

ini FR versi sudah diedit khusus kaskus, kalo lengkapnya dan foto2nya lebih banyak silahkan ke blog:

http://www.rannyifan.com/liburan-ke-...ntosa-belanja/


DAY 1
Minggu,10 Maret 2013
Flight pagi jam 7.15, kita sudah cabut dari rumah dari jam 4
Raka yang sedikit dipaksa bangun buat mandi dan kita cabut deh.. akhirnya dia tidur lagi di jalan ke airport.

Check-in cukup lambat kali ini. Counter AA yang terbuka cuman ada 2 jalur untuk semua rute international. jadinya lama deh, blom lagi yg prioritasin flight yg udah last call.. cape deh..
bayar tax 450rb, ngopi di starbucks, Terus lanjut ke Imigrasi, lumayan lagi ngantrinya.. lha orang imigrasi yg tugas cuman 2 orang!.. hadeuh payah bener deh disini


yang asik molor di pesawat

Changi Airport, Terminal 1
Sampai di Terminal 1.. Kita mendarat 24 menit lebih awal..
Imigrasi lancar jaya dan cepat sekali. Langsung deh kita ambil Backpack dan Stroller dan melipir ke T3 via Skytrain.


Skytrain ke T3

Untuk ke MRT Changi sama aja mau lewat T2 atau T3, kebetulan aja pas kita keluar dari baggage claim itu paling deket skytrain ke T3.. ya udah naik disitu. ini kali pertamanya Raka naik skytrain, wah dia langsung semangat hihihi..

Di Changi Airport kita sengaja nggak nyari SimCard lokal dulu, soalnya pasti susah nyari yang $15 an.. adanya yang Singapore Prefered Tourist Prepaid card yang $33 keatas.. kebanyakan uangnya kalo beli yang itu. Sementara kita pakai Roaming data dari Indosat dulu deh lagi promo.. Rp 25.000 per hari

Lumayan lah jalannya dari T1 ke T3 dan turun MRT, sampai di stasiunnya langsung nyari EZlink card. eeh disitu Ticket Office nya tutup, kita coba ke Passenger Service (jam 9 pagi udah buka) yang ada diantara gate/gantry. Disitu kita tanya ke auntie nya.


Changi MRT


Beli ezlink disini

Beli deh 2 buah kartu EZLink seharga $12 per kartu (sudah ada saldo S$7), nah sekalian nih nanya ke auntie itu, berhubung raka udah sedikiiit diatas 90cm (batas minimum anak wajib bayar tiket) apa dia perlu Child Concession card..?
Auntie itu lalu ngelirik ke Raka, terus dengan Singlish nya jawab “No need lah, you just carry him when entering”

gue tanya lagi “lalu klo naik bis gimana? nanti ditagih sama supirnya nggak” (supir bis di sini terkenal ngehe nya), auntie itu jawab lagi dengan singlishnya “No lah.you don’t worry,same just carry him on the bus”


EZlink card


Topup ezlink di GTM

top up EZlink dulu deh $10 per kartu. Caranya gampang :
  • Letakkan ezlink di sensornya (diatas monitor)
  • Layar akan menunjukkan sisa saldo kartu, pilih Add Value
  • Minimal topup S$10, masukkan selembar S$10 di sisi kanan
  • Layar menunjukkan uang yang dimasukkan, tekan OK
  • Tunggu beberapa saat sampai diberitahu kartu sdh bisa diambil.


Yang jelas, pastikan uang yang dimasukin pecahan $10, jangan sekali-sekali masukin pecahan $50, gak bakalan dikasih kembalian.. hahahaha.


anak kecil ga sabaran pengen cepet jalan keretanya

Setelah 2 stop dan sampai di Tanah Merah, kita turun. tapi kita nggak nyambung yang arah Joo Koon, kita malah turun ke platform sebelah kanan ke arah Pasir Ris. Kebetulan pas dateng, langsung nyambung deh.. kita turun di Tampines. Kita ada detour dulu ke IKEA Tampines, lagian masih jam 9 juga mungkin belum bisa check-in ke hotel ini.

Turun kebawah dengan manggul Carrier + Stroller, Istri nggendong Raka. Kita langsung nyari bis shuttle ke IKEA Tampines, cuman bingung.. ini nunggunya dimana ya.. mana ngga ada plangnya (apa nggak keliatan kali plangnya)

Sempet bengong dulu sebentar, akhirnya gue buka deh Apps GoThere di iPhone cari bus, terus kita jalan sekitar 100m ke bus stop di depan stasiun MRT. 5 menit berikutnya bis no 27 datang, sip naik ini deh, walau ga jadi gratisan pake shuttle. Bis ini berhenti persis dekat IKEA, kita turun disitu tak lupa men’tap’ kartu EZlink nya pas mau turun. dan langsung naik jembatan penyebrangan dengan Raka naik di stroller, nyaman deh pokoknya kalo nyebrang nyebrang di Singapore.


IKEA Tampines


kita masuk ke dalam gedung raksasa warna biru ini, dan naik eskalator 3 lantai keatas.Dekat eskalator ini kalau belok kanan ada toilet dan di kiri-kanan nya ada jejeran Locker yang bisa dipergunakan pengunjung secara gratis.

Cuman masalahnya
Carrier gue kaga muat ke dalam.. hahahaha terlalu gedeee.. yah apa boleh buat berhubung raka lagi pengen jalan, ya udah deh carrier gue tumpangin atas strollernya.. hahaha lumayan deh nggak pegel.


Locker gratis untuk pengunjung

di Lantai ini kita langsung menuju Kafetaria nya, mau mamam Swedish Meatballs dan Chicken Wings.. kalau di IKEA Tampines ini ada Halal Lines nya, dan meatball nya halal.. kalo yang di Alexandra itu meatballnya non-halal.. makanya kita langsung melipir ke Tampines, soalnya lebih deket dari Airport.


IKEA Cafetaria


Jalur Halal, ada di sisi paling kanan

gue pesen 10 pcs meatballs dan 2 pcs Chicken Wings dan 2 botol jus jeruk. total S$10.30.



Makan deh… ih enak juga meatballnya… sama wingsnya juga enak.. Berhubung pas di pesawat udah makan dan apalagi gue ngabisin jatahnya anak gara gara dia tidur.. jadinya ga pesen yang lainnya deh.
Kita lanjut deh masuk ke dalam, belanja titipan nyokap dan Istri belanja2 lumayan disitu.
Pas sampai kasir. baru ngeh gue.. nggak dikasih kantong plastik lho.. alias belanjaan harus bawa sendiri.. hahaha gubrak… gimana ya caranya bawa sebanyak ini.. akhirnya ambil deh tas karung IKEA warna biru yg ada di ujung kasir. harganya $0.90 mayan deh..


Kasir di IKEA

jatohnya jadi nambah 1 tas bawaan deh selain carrier, stroller dan daypack.
keluar dari IKEA kita belok ke kiri, nah disini nih kita nunggu shuttlenya. Lumayan lama nunggunya. 30 menit lebih akhirnya datang busnya..yay.. kita naik deh
balik ke MRT tampines. Eh ternyata shuttle bus ini berhentinya persis di tempat kita bengong mikirin mana shuttle bus stopnya ya.. hahaha sialan disini rupanya. ah ya sudah lah gpp.. kita naik lagi ke atas dan nungguin MRT


shuttle bus ke MRT (Tampines / Bedok / Pasir Ris)

MRT
dari Tampines kita menuju Paya Lebar dan pindah ke circle line arah Dhoby Ghaut, kita turun di Bras Basah MRT. Setiap stasiun itu pasti ada beberapa exit, Exit paling dekat dengan hotel kita ini Exit D.

jalan menelusuri Bras Basah ini udah kayak nostalgia aja gue.. seperti yang gue inget nih hihih.. Kita belok di Bencoolen street yang kebetulan lagi ditutup karena sedang dibangun stasiun MRT untuk line baru, Bencoolen MRT, tapi untung jalannya cuman 200 meter dari MRT stationnya. jadi ke Hotel Strand ini cuman ada akses jalan tikus kecil di belakang hotel. Kita masuk ke hotel untuk segera check in.

Strand Hotel
Check in di hotel ini cuman nunjukin nama atau bukti email emailan kita waktu booking dulu. habis itu bayar deh $420 untuk 3 malam. Gesek lah kartu gue, terus kita naik ke lantai 6. Untuuung banget dapet kamar belakang.. di 601, ketimbang ngadap depan yg ada konstruksinya.. terhindar dari berisiknya suara konstruksi. kamar ini menghadap ke hotel di belakang Strand, Rendezvous Hotel lumayan lah ada pemandangan bagus (keliatan juga kolam renangnya)

Kamarnya sih cukup bersih, sepertinya lantai 6 ini lantai yang sudah di renovasi oleh Strand Hotel, kamar mandinya juga udah diupdate, kasurnya empuk dan AC dingin banget, ada Safe Deposit dan Kulkas yang kosong tapi dingin kalo buat nyimpen minuman, dan LCD TV, cukup bgt ini buat kebutuhan kita dgn budget segitu



30 menit kemudian kita mulai lanjutin deh itinerary kita
Sebelum ke halte bus, kita mampir dulu ke 7-Eleven di seberang hotel, beli microSim Starhub. Ternyata roaming data Indosat sinyalnya parah banget, sering ilang sinyalnya, ya udah lah daripada ribet, beli 2 simcard masing-masing $15 dapat credit $18, cukup nunjukin 1 paspor aja untuk beli 2 simcard itu.

Diubah oleh sibibip 27-03-2013 14:17
0
17.7K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
MancanegaraKASKUS Official
5.9KThread2.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.