Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

atimarwatiAvatar border
TS
atimarwati
Ratifikasi STATUTA Roma (ICC), BISA JEGAL Capres PRABOWO, Bahkan bisa DIPENJARA.
REPUBLIKA.CO.ID, [Kamis, 14 Maret 2013, 12:32 WIB]

JAKARTA - Partai Gerindra tidak khawatir dengan rencana pemerintah meratifikasi Statuta Roma International Criminal Court (ICC).


Bagi Gerindra rencana itu sama sekali tidak akan mengganggu pencalonan Prabowo Subiakto di pemilu presiden 2014. “Kami tidak melihat ini sebagai ganjalan,” kata Sekretaris Jendral Gerindra, Achmad Muzani ketika dihubungi Republika, Kamis (14/3).

Menurutnya, persoalan HAM yang disangkut-pautkan ke Prabowo sudah selesai. Pasalnya, proses hukum Prabowo sudah selesai. “Sesuatu yang sudah clear di pengadilan tidak bisa dimasukkan kembali ke pengadilan,” ujarnya.

Akan tetapi, dia mengingatkan pemerintah agar tidak menunggangi klausul ICC untuk kepentingan jangka pendek. “Kita harus jauhkan kepentingan jangka pendek yang hanya didasari rasa suka dan tidak suka pada pribadi,” katanya.

Gerindra akan mempelajari isi dan berbagai konsekuensi dari ICC. Menurutnya, ratifikasi ICC bisa berdampak negatif bagi kedaulatan hukum Indonesia.

Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana mendapat mandat dari Presiden SBY untuk mengunjungi Mahkamah Kejahatan Internasional (International Criminal Court/ICC) di Den Hag Belanda.
melihat kemungkinan Indonesia meratifikasi Statuta Roma International Criminal Court.

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana mengatakan Statuta Roma bisa menjadi batu sandungan bagi Prabowo Subianto di Pilpres 2014.

Pasalnya, statuta ini memungkinkan mahkamah internasional menyeret Prabowo ke pengadilan HAM atas sejumlah kasus pelanggaran HAM masa lalu. Lebih lanjut Hikmahanto menduga pertemuan antara Prabowo dengan Presiden SBY beberapa waktu lalu membahas masalah ICC.


SUMBER : http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/13/03/14/mjmy2r-gerindra-pencapresan-prabowo-tak-akan-terganjal-icc

----------------------------

Komentar : Siapakah pemenang 2014 ??? semoga berjalan aman dan lancar yahh. Tetep kedepankan Hati Nurani.
Diubah oleh atimarwati 14-03-2013 08:30
0
6.8K
65
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.