Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pLeNyuNtAvatar border
TS
pLeNyuNt
HARI PUSAKA DUNIA
Spoiler for No Repsol:




Spoiler for Latar Belakang:


Spoiler for Tujuan:


Tahukah Anda bahwa saat ini dunia memiliki satu hari yang akan diperingati bersama sebagai hari pusaka dunia (World Heritage Day). Hari itu adalah tanggal 18 April, yang diperingati setiap tahun sejak 1983. UNESCO mengukuhkan tanggal 18 April setiap tahun sebagai International Day for Monuments and Sites.

Tujuannya adalah untuk membangun kepedulian publik tentang keanekaragaman dan sekaligus kerentanan monumen-monumen dan situs pusaka yang tersebar di seluruh dunia. Perlu ada ajakan terus-menerus untuk memperkuat upaya pelestarian dan perlindungan pusaka itu. Oleh karena itu, Hari Pusaka Dunia pun ditetapkan sebagai salah satu ajang untuk menggalang kekuatan jejaring pelestari sedunia.



Sejalan dengan semangat tersebut, International Council for Monument and Sites (ICOMOS) menerakan sejumlah usulan tentang bagaimana merayakan dan memperingati Hari Pusaka Dunia. Kunjungan ke monumen dan situs pusaka atau kerja-kerja pelestarian lainnya bisa dilakukan, bahkan jika bisa digratiskan. Kita juga bisa menulis artikel tentang pusaka dan upaya pelestariannya di surat kabar atau majalah, juga menyiarkannya melalui TV dan radio. Bisa pula membuat acara diskusi atau pertemuan mengundang pelaku pelestarian pusaka dari lokal dan bahkan luar negeri. Buat pameran, penerbitan, hingga pengaungerahan penghargaan pelestarian pusaka kepada tokoh atau organisasi yang berperan besar di ranah pelestarian pusaka. Program kegiatan pendidikan pusaka di sekolah formal atau lembaga pendidikan lain juga bisa dilakukan.

Lalu, apakah kita juga bisa melakukan sesuatu untuk memperingati Hari Pusaka Dunia? Tentu saja. Seperti sejumlah contoh di atas, kita di Indonesia juga bisa melakukan beragam kegiatan untuk memperkuat kampanye tentang pelestarian pusaka kepada publik. Pada 18 April 2012 lalu, peringatan Hari Pusaka Dunia di Indonesia dipusatkan di kompleks Candi Borobudur. Sejumlah kegiatan yang melibatkan komunitas setempat dengan tamu yang hadir dari seluruh penjuru Nusantara menjadi penanda bahwa nilai utama kelestarian pusaka adalah semangat yang tersebar.

Pada tahun 2013 ini, Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) mengajak lebih banyak orang, komunitas, dan organisasi untuk melakukan peringatan Hari Pusaka Dunia bersama-sama. Peringatan dapat dilangsungkan di kota atau daerah masing-masing. Informasi ragam kegiatan untuk memperingati Hari Pusaka Dunia akan dijaringkan oleh BPPI, sehingga bisa terpublikasikan ke penjuru negeri. BPPI juga akan mengadakan puncak peringatan Hari Pusaka Dunia di kawasan pusaka Trowulan di Mojokerto, Jawa Timur. Acara di situs era kejayaan Kerajaan Majapahit itu bertujuan untuk meneguhkan komitmen kerjasama untuk pelestarian pusaka Indonesia, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Seluruh rangkaian kegiatan itu akan dimasukkan pula dalam agenda peringatan Tahun Pusaka Indonesia 2013 yang terbuka bagi seluruh pegiat dan pendukung pelestarian pusaka Indonesia.

Kaskuser semua, mari segera kita rencanakan apa yang akan dilakukan untuk memperingati Hari Pusaka Dunia 2013 di kota atau daerah kita masing-masing!

Spoiler for TS sangat mengharapkan:


Sekian dari TS, terima kasih telah berkunjung di threads ane.

0
2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.