Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bung001jakaAvatar border
TS
bung001jaka
TNI SAJA DI BAWAH KEMHAN, POLISI HARUS DI BAWAH KEMENDAGRI,WAJIB !!!
Aksi Dukungan Agar POLRI Di Bawah Kementria Dalam Negeri Terus Mengalir. Seperti Yang Di usulkan oleh Mantan menteri koordinator perekonomian Rizal Ramli yang mengatakan reformasi Polri dengan menempatkan institusi itu di bawah Kementerian Dalam Negeri. Katanya Jika Polri ditempatkan di bawah Kemendagri maka akan menjadi lebih manusiawi dan lebih fokus pada tugasnya menjaga Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat).

Beda Tugas polisi yang seharusnya tak di lengkapi senjata api. Maka TNI Adalah kekuatan tempur untuk menghadapi ancaman keamanan negara, Polisi adalah penjaga kamtibmas. Rizal Ramli mengatkan , Polisi di Inggris tidak dilengkapi senjata api, hanya bersenjata pentungan, tapi dihormati karena mengayomi rakyat.

Setelah di pisah dari TNI, menurut Rizal, Polri berada langsung di bawah presiden dan fasilitasnya lebih baik, sehingga menimbulkan kecemburuan.
"Saya mengimbau presiden agar bisa membentuk Polri seperti polisi Inggris yang lebih manusiawi." katanya.

Doktor ekonomi alumni Amerika Serikat ini mengusulkan agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan reformasi Polri dengan menempatkannya di bawah Kementerian Dalam Negeri sehingga lebih fokus pada tugasnya menjaga Kamtibmas.

Rizal juga menyoroti beberapa kelamahan di tubub Polri yakni sistem rekruitmen dan promosi anggota polisi yang kurang profesional. Senada Dengan Rizal, Wakil Ketua DPR Sohibul Iman mengusulkan jika struktur Polri kembali di bawah Kementerian Dalam Negeri. Hal ini, menurutnya, salah satu upaya serius untuk menangani konflik TNI dengan Polri yang sering terjadi seperti kasus terakhir di Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan.

Katanya, Seperti saran Pak Habibie agar polisi di bawah Kemendagri. Kalau TNI itu jelas di bawah Menhan, Kementerian Pertahanan, masa Polri langsung di bawah Presiden. Menurut saya dia juga harus di bawah kementerian tertentu, yaitu di bawah Kemendagri," ujar politikus PKS .
Sohibul mengatakan konflik antara TNI dan Polri persoalan lama dan sering terjadi. Ini merupakan persoalan kecemburuan antar keduanya yang harus ada perbaikan secara struktural. Masa kecemburuan Sih ???



0
3.1K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.