Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kartini31Avatar border
TS
kartini31
Minum Air Dingin Saat Berolahraga, Apa Dampaknya?

Minum air dingin setelah dua jam di tempat fitnes pastinya menyegarkan. Tapi, pernahkah Anda mendengar rumor yang bilang minum air dingin setelah berolahraga itu berbahaya? Bila Anda ingin tahu lebih banyak soal kebenaran rumor tersebut, Anda wajib membaca artikel ini.

Cold water after exercise
Air adalah hal yang penting dalam kehidupan; tanpa air, Anda tidak akan bertahan hidup hingga tujuh hari. Air pun memiliki peran penting dalam berolahraga. Tahukah Anda, tubuh mengeluarkan keringat hingga 2% berat tubuh Anda setiap satu jam Anda berolahraga1. Jumlah tersebut sudah cukup untuk menurunkan konsentrasi dan performa saat berolahraga2. Tak hanya itu, jumlah air yang diminum setelah olahraga seringkali belum cukup untuk menggantikan cairan yang hilang3. Karena itu, minum cukup air selama latihan sangatlah penting.

Lalu, benarkah minum air es setelah berolahraga itu berbahaya? Sayang sekali, sampai saat ini, kami belum menemukan kasus medis akibat minum air es setelah berolahraga. Walaupun begitu, satu studi yang dipublikasikan di jurnal Physiology and Behaviour menyebutkan bahwa air es (kira-kira bersuhu 5oC) justru lebih sedikit dikonsumsi dibanding air dingin (15oC). Alasannya, air es yang bersuhu 5oC menghilangkan rasa haus lebih cepat dibanding air dingin (yang suhunya lebih tinggi 10oC dibandingkan air es). Akibatnya adalah, tanpa sadar, orang akan minum lebih sedikit air4. Padahal, minum air setelah olahraga justru harus dimaksimalkan untuk membayar “hutang” air Anda saat berolahraga.

Cold Water during Exercise
Tertarik ikut maraton? Saat inilah air dingin justru menjadi teman sejati Anda. Riset yang dipublikasikan di jurnal Experimental Physiology menyebutkan, konsumsi air dingin justru meningkatkan waktu bersepeda hingga 11% dibandingkan konsumsi air hangat5. Konsumsi air dingin saat berolahraga, selain meningkatkan volume air yang dikonsumsi, juga menurunkan suhu tubuh yang naik saat berolahraga. Efeknya, denyut jantung lebih rendah dan teratur, serta tubuh terasa lebih bugar lebih lama.

Pada akhirnya, yang penting adalah Anda tetap terhidrasi optimal selama dan setelah berolahraga. Rekomendasi kami, tidak perlu takut terhadap air dingin, karena tidak terbukti membahayakan kesehatan. Namun, hindari meminum air yang terlalu dingin setelah olahraga agar kebutuhan cairan Anda tercukupi secara optimal.knya ?

Quote:
nona212
nona212 memberi reputasi
1
9.4K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.