Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

herotAvatar border
TS
herot
Politik Dinasti Marak, Komisi II DPR Serius Bahas RUU Pemilukada
lensaindonesia..com: Meningkatnya politik dinasti di beberapa daerah, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fraksi PDIP, Ganjar Pranowo mengatakan Rancangan Undang-undang (RUU) Pilkada yang sedang dibahas oleh Komisi II DPR RI. Pembahasan ini bertujuan untuk membatasi hubungan kekerabatan (keluarga) dalam lingkar kekuasaan atau politik dinasti.

“Masih tarik-ulur antara yang setuju dengan yang tidak,” ujar Ganjar Pranowo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (19/03/2013)

Lebih lanjut, Ganjar menambahkan bahwa yang menjadi sorotan utama pada pilkada bukanlah soal dinasti atau tidak dinasti, namun lebih pada kompetensi calon kepala daerah yang bersangkutan. Indonesia, kata calon gubernur Jawa tengah dari PDIP itu, perlu edukasi politik.

“Mungkin yang perlu dipertimbangkan ketika kemudian dinastinya itu pada kandidat yang tidak berkompeten. Publik pasti akan melihat bahwa itu keliru. Tetapi saat dinasti itu berada pada orang yang berkompeten dan tidak boleh, maka publik akan menyesal,” ujarnya.

hingga saat ini, pemerintah sudah mengidentifikasi sebanyak 57 kepala daerah yang membangun dinasti politik lokal. Sebagian besar kandidat yang kerabat petahana terpilih kembali. Namun, 17 calon diduga memiliki hubungan kekerabatan kalah. Ganjar menjelaskan dinasti atau tidak bukanlah hal yang penting. Di sanalah peran partai politik untuk mengedukasi calon yang akan dimajukan pada pilkada.

“Dinasti atau tidak dinasti, partai harus melakukan edukasi politik dahulu. Siapa pun yang akan dicalonkan atau didudukkan, dinasti kek, tidak dinasti kek, mereka harus punya kompetensi terlebih dahulu. Kemudian jika yang lolos itu dinasti, maka dia punya kecukupan kompetensi, kecukupan kapasitas untuk duduk di sana. Ini sudah tugas dari parpol. Tapi kalau dia dari perorangan, ini tugas publik karena publik yang akan mengajukan. Karena dari perorangan kan tanggungjawabnya lebih dari individual,” tandasnya.

[URL="http://www.lensaindonesia..com/2013/03/19/politik-dinasti-marak-komisi-ii-dpr-serius-bahas-ruu-pemilukada.html"]lensa indonesia[/URL]

Quote:
0
780
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.