Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Penelitian Watson Institute : USA Keluar Triliunan Dollar untuk Melengserkan Saddam

Black.Deneb.X4Avatar border
TS
Black.Deneb.X4
Penelitian Watson Institute : USA Keluar Triliunan Dollar untuk Melengserkan Saddam
Perang Irak Membebani AS Triliunan Dolar


Oleh: Bachtiar Abdullah
web - Jumat, 15 Maret 2013 | 21:24 WIB



inilah..com, Washington – Perang Irak ternyata lebih membawa mudarat ketimbang manfaat bagi Amerika Serikat. Perang yang berambisi mengakhiri kekuasaan Saddam Hussein itu berbiaya US$1,7 triliun. Itupun AS masih berutang kepada para veteran perang AS sebanyak US$490 miliar.

Penelitian Cost of War Project yang dilakukan oleh Watson Institute for International Studies di Universitas Brown, Rhode Island meyakini biaya perang ini bakal membengkak menjadi sekitar US$6 triliun hingga 40 tahun ke depan.

Bunga yang harus dibayar pemerintah untuk biaya perang sebesar US$2,2 triliun akan membengkak menjadi US$4 triliun dalam beberapa dasawarsa mendatang, tulis Reuters, Jumat (15/3).

Invasi yang dilakukan AS pada 2003, semasa pemerintahan George Walker Bush Jr, membebani keuangan pemerintah AS antara US$50-60 triliun. Studi yang diterbitkan sebelum peringatan 10 tahun invasi Irak pada 19 Maret itu mengungkapkan betapa besar “ongkos kemanusiaan” yang ditimbulkan oleh konflik yang berlangsung hampir 10 tahun itu.

Setidaknya 134 ribu warga sipil Irak dimangsa perang, meskipun menurut Watson Institute mungkin saja angkanya menggelembung lebih besar. Ditambah korban lain yang terdiri dari para wartawan, sukarelawan dan pemberontak, kira-kira korban perang Irak ini mencapai 176.000-189.000.

Ada yang memperkirakan jumlah korban perang ini, memangsa warga sipil maupun tentara sebanyak 650.000 orang Irak. Yang lain berani menaksir 1 juta orang tewas. Diperkirakan sebanyak 36.000 tentara AS terbunuh atau luka-luka selama perang Irak.

Watson Institute juga menemukan apa yang diperoleh AS sesungguhnya tak seberapa, sementara Irak masih belum sembuh dari luka-luka perang. Sistem kesehatan, infrastruktur dan pendidikan Irak hancur lebur karena perang. Belum lagi kelompok Islam radikal makin mencuat di kawasan Teluk dan hak-hak perempuan makin terabaikan.

AS dan Inggris yakin Saddam Hussein dianggap memiliki senjata pemusnah massal dan mengancam keamanan regional. Namun sampai perang Irak berakhir pun sangkaan dua negara ini tak pernah benar-benar terbukti.


[url]http://web.inilah..com/read/detail/1968145/perang-irak-membebani-as-triliunan-dolar[/url]


perang pake duit utang dari China emoticon-Hammer2

=====================================================

ilustrasi inilah dot kom lucu, tentara pake sponsor emoticon-Matabelo

[url]http://static.inilah..com/data/berita/foto/1968145.jpg[/url]
^^
liat sendiri di situsnya, males nge upload
Diubah oleh Black.Deneb.X4 16-03-2013 03:40
0
3.7K
25
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.4KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.