Xtreme_TransAvatar border
TS
Xtreme_Trans
[Ahok vs buruh] Serikat buruh tolak permintaan Ahok di-audit Keuangannya!
KSBSI Tolak Permintaan Ahok Soal Audit Keuangan Internal

Metrotvnews.com, Jakarta: Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) menyayangkan permintaan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok soal permintaan audit keuangan sebuah organisasi buruh yang ada di Indonesia. Pasalnya, mereka beranggapan Wakil Gubernur tidak mempunyai hak untuk meminta laporan keuangan organisasi buruh.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Presiden KSBSI Mudhofir ketika berbincang dengan Metrotvnews.com di Jakarta, Kamis (14/3). Ia menegaskan jika laporan keuangan sebuah organisasi atau serikat buruh itu dipertanggungjawabkan ke Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi melalui UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Serikat Buruh.

"Iya tentunya kami sangat menyayangkan statement yang dikeluarkan oleh Wakil Gubernur kemarin. Karena mekanisme laporan keuangan organisasi buruh itu sudah diatur dalam UU Nomor 21 Tahun 2001," jelas Mudhofir ketika dikonfirmasi.

Sementara itu ketika diminta penjelasan terkait rincian sumber pendanaan yang didapat dari sebuah organisasi buruh, Mudhofir enggan menjelaskan secara rinci terkait hal tersebut. Ia hanya menegaskan jika setiap anggota memiliki kewajiban untuk membayarkan iuran keanggotaan setiap bulannya.

"Kalau nilai tidak bisa dikasih tahu. Namun contohnya seperti membayar iuran 1% dari upah, jadi kalau upahnya Rp2,2 juta rupiah, jadi ditarik iuran 1% dari upah tersebut," sambungnya.

Oleh sebab itu, Mudhofir pun meminta agar Ahok tidak melakukan hal serupa kepada organisasi buruh lainnya. Pasalnya, sudah banyak organisasi buruh yang awalnya memberikan dukungannya kepada Ahok untuk mendampingi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.


"Kita kemarin itu mendukung Pak Ahok, jadi janganlah dia menyakiti kita-kita ini," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan jika, kegemaran organisasi buruh melakukan demonstrasi dan protes mendapat perhatian khusus dari Ahok. Ia meminta semua perkumpulan buruh yang berdemonstrasi segera menyerahkan laporan keuangan.

"Kami akan audit uang organisasi anda. Saya mau tahu, lapor sama saya besok. Saya minta semua perkumpulan buruh yang demo untuk laporkan auditnya. Saya mau tahu. Kawan-kawan pakai seragam bagus-bagus itu dari gaji buruh," ujar Ahok, saat menemui perwakilan KSBSI membahas penangguhan UMP 2013 di Balaikota beberapa waktu lalu.

Ahok menyampaikan, jika ingin adil, maka laporan keuangan tidak hanya dari pihak perusahaan tetapi juga dari organisasi buruh. Setiap sen yang dipungut dari gaji buruh untuk membiayai organisasi wajib dilaporkan. "Saya minta 1 sen yang diterima dari kaum buruh harap dilaporkan. Ini sudah organisasi sudah 3 tahun, kalau ngga bisa bapak dianggap pungli. Jerih payah buruh dilarikan ke mana saja, saya ingin tahu jadi adil," tegasnya.

Ahok juga meminta setiap organisasi buruh yang ingin menemuinya harus menyerahkan laporan keuangan terlebih dulu. "Kalau mau ketemu saya, nama organisasinya apa? Kasih laporan keuangannya dulu. Itu kalau mau seimbang," pungkas Ahok.

http://www.metrotvnews.com/metronews...angan-Internal

Ahok: Serikat Buruh tidak Berani Diaudit



Metrotvnews.com, Jakarta: Para buruh pasti tidak berani memberikan hasil audit organisasi mereka sendiri. Sampai saat ini hasil audit organisasi buruh masih ditunggu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyampaikan hal tersebut.

Penantian Ahok terhadap audit serikat buruh merupakan tanggapan atas penolakan buruh terhadap hasil pemeriksaan keuangan yang dilakukan kantor akuntan publik (KAP) terhadap PT Haselindo.

Perusahaan tersebut melakukan penangguhan untuk memberikan UMP karena neraca keuangannya dinilai masih merugi.

"Kalau dari audit, kami lihat sudah rugi, kan artinya tidak mampu. Kalau tidak mampu kan kami tetap sudah tekan di atas kebutuhan hidup layak," terang Ahok di Balai Kota, Kamis (14/3).

Karena itu, ketika para buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia itu tidak menerima hasil audit, Ahok tidak tahu lagi yang harus diperbuat.

"Ya mau bagaimana lagi? Kalau begitu saya mau memeriksa audit pembukuan organisasi kalian juga deh. Kalian selama ini mengumpulkan duit dari buruh, dipakai ke mana saja?" kata Ahok.

"Buruh juga tidak berani kasih itu (audit internal organisasi). Kalau mereka tidak percaya hasil audit KAP, saya juga tidak percaya sama organisasi buruh."

http://www.metrotvnews.com/metronews...Berani-Diaudit

serikat buruh tolak permintaan Ahok!

Pertanyaan misal / berandai-andai
- Siapa yang betul?
- Apa yang akan kaskuser lakukan jika buruh minta Jokowi-Ahok turun??
Polling
0 suara
siapa yang agan2 dukung??
0
22.7K
324
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.