Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Road Map Pertahanan dan Ketahanan Pangan Indonesia Sudahkah Ada dan Dilaksanakan?

oudindonesiaAvatar border
TS
oudindonesia
Road Map Pertahanan dan Ketahanan Pangan Indonesia Sudahkah Ada dan Dilaksanakan?
Indonesia yang katanya negara agraris banyak tidak berdaya dengan beberapa jenis komoditas pangan yang agan sering jumpai di dapur agan semua. Contoh : Tempe, Tahu bahannya berupa kedelai yang nyata-nyata impor dari USA, jadi kita mensubsidi petani USA sebenarnya, contoh lain adalah Daging sapi, Kasus kemarin daging sapi naik orang pada teriak, Contoh lainnya yang paling vital adalah BERAS!! Beras banyak sekali kita impor dari negera tetangga seperti Vietnam dan Thailand, Swasembada beras yang tercapai pada masa ORBA seolah sudah menjadi barang usang, irigasi tidak dirawat, petani dibiarkan berjuang sendiri, Jawa yang notabene tanahnya masuk pada tanah pertanian kelas 1 sawah mula terpinggirkan, banyakan orang nanam beton dibanding padi. Kasus terbaru adalah bawang putih, kenapa bawang putih impor ? Karena di Indonesia pra kondisi tanam untik bawang putih tidak tercapai. Dikarenakan ikilmnya yang tidak mendukung.
Dimensi peperangan bukan hanya alutsista seperti banyak-banyakan kapal perang, gede-gedean kaliber meriam atau malah gede-gede petasan "sreng dor" Semuanya terutama adalah soal manusia. Seperti perkataan Napoleon yang terkenal " Strategi tempur itu untuk orang amatiran sedangkan untuk seorang profesional berfikir logistik." Sebuah pernyataan yang akhirnya memakan Napoleon sendiri karena terlalu terpisahnya pasukan induk dengan logistik yang dibelakang akhirnya mereka mati di "neraka dingin Russia" begitu juga dengan pasukan NAZI. Sebuah negara dengan alutsista sekuat apapun jika rakyatnya lapar maka moral akan jatuh dan bisa terjadi pergolakan di dalamnya yang mampu membuka pintu bagi masuknya musuh. Jika misalnya terjadi konflik di LCS, lalu pasokan bawang putih dari China terhambat misalnya maka apa yang terjadi? Lebih parah lagi jika Vietnam mengalami bencana alam hebat sehingga Delta sungai mekong hancur pertaniannya lalu bagaimana dengan Indonesia ? Minta sumbangsih agan-agan semua nih. Nampaknya sisi peperangan yang seperti ini belum pernah di bahas di formil. Blokade pangan adalah taktik peperangan yang sangat tua namun tetap efektif. Bagiamana tindakan kita dan sudahkah ada perencanaan untuk ini ? Tentara pada dasarnya manusia juga mereka perlu makan.
Sebagai trigger nih silahkan lihat data DEPTAN soal pertanaman Kedelai di Jawa Kalender Tanam miris gan kedelai cuma 107 HA. Padahal kita makan tahu tempe nyaris saben hari. Bagaimana kalau ada peperangan ?
Diubah oleh oudindonesia 15-03-2013 19:03
0
5.5K
14
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.4KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.