Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kamlkamlAvatar border
TS
kamlkaml
Gelar-Gelar Penguasa di Dunia
sob ,ternyata banyak sekali sebutan atau gelar bagi seorang penguasa yang ada di dunia. bermacam-macam sebutan tersebut karena latar belakang yang bermacam-macam pula. dari adat istiadat hingga agama. walaupun julukan tersebut berbeda tapi dalam pengertiannya sama. langsung saja TKP gan!!

1.Raja

dalam kamus Bahasa Indonesia, raja berarti 1 penguasa tertinggi pd suatu kerajaan (biasanya diperoleh sbg warisan); orang yg mengepalai dan memerintah suatu bangsa atau negara: negara kerajaan diperintah oleh seorang --; 2 kepala daerah istimewa; kepala suku; 3 sebutan untuk penguasa tertinggi dari suatu kerajaan; 4 orang yg besar kekuasaannya (pengaruhnya) dl suatu lingkungan (perusahaan): -- minyak; 5 orang yg mempunyai keistimewaan khusus (spt sifat, kepandaian, kelicikan): -- kumis; -- copet. raja, sebutan untuk penguasa atau kepala negara dengan sistem pemerintahan monarki. yaitu kerajaan. untuk kepala pemerintahannya dipegang oleh perdana menteri. raja dilantik karena turun temurun sedangkan perdana menteri dilantik karena dipilih oleh rakyat. di Indonesia sendiri sebelum kemerdekaan Republik Indonesia masih banyak daerah-daerah yang menganut sistem kerajaan. seperti kerajaan Majapahit, kerajaan Kutai, kerajaan Tarumanegara dll. di era sekarang ini masih banyak negara yang menganut kerajaan, seperti Arab Saudi, Thailand, Inggris, Belanda dll.

2.Kaisar

pengertian kaisar sebenarnya sama dengan raja. yaitu penguasa. kaisar berkuasa atas imperium. yaitu suatu wilayah dengan golongan atau etnik tertentu. imperium yang dipimpin oleh kaisar disebut kekaisaran. contoh kekaisaran Jepang. sampai sekarang Jepang masih menganut kekaisaran. tetapi hanya untuk kepala negara. sedangkan kepala pemerintahannya dipegang oleh perdana menteri.

3.Sultan
Sultan berasal dari kata sulthaanun yang dalam bahasa arab berarti raja atau penguasa. Sultan identik dengan pemimpin islam. pemerintahannya disebut dengan kesultanan. di Indonesia sendiri, diawali dengan kesultanan Banten. kemudian juga ada Sultan Hasanuddin dari Makassar yang dijuluki ayam jantan dari timur. untuk saat ini negara yang masih menganut kesultanan adalah Brunei Darussalam dan Oman.

4.Emir
berarti pangeran, jendral atau pemimpin. sebuah gelar bangsawan tinggi biasanya digunakan oleh orang-orang Turki dan kawasan Timur Tengah. Emir berperan sebagai kepala negara, sedangkan kepala pemerintahannya dikepalai oleh perdana menteri. contoh negara di dunia yaitu Kuwait dan Qatar. (kalo yg pernah maen stronghold crusader pasti tau ada karakter yang namanya emir)

5.Yang di-Pertuan Agong
gelar ini tersemat bagi raja yang dipilih diantara raja-raja. gelar ini memiliki periode waktu jabatan. yang mana setiap 5 tahun digilir dan bergantian. Yang di-Pertuan Agong berperan sebagai kepala negara. negara yang menganut sistem ini yaitu Malaysia, Uni Emirat Arab dll.

6.Paus
Paus dalam bahasa latin berarti papa, bapak atau ayah. Paus sebagai pemimpin spiritual gereja katolik di Vatikan. selain sebagai pemimpin spiritual, Paus juga berperan sebagai kepala negara yang sah. walaupun negara Vatikan berdiri di tengah kota Roma. saat ini hanya kota Vatikan yang memiliki Paus sebagai satu-satunya kepala negara di Dunia. kita doakan Paus yang baru membawa perdamaian di dunia....

Spoiler for bonus gelar:


source
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0
6.7K
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.