Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dleppyAvatar border
TS
dleppy
Luis Manuel Blanco
misi gan ane mau berbagi aja.

pasti semua tau dong Luis Manuel Blanco, tapi siapa sih dia sebenarnya???

Luis Manuel Blanco
Tanggal lahir: 13 Desember 1953
Kebangsaan: Argentina

ada cerita menarik. Ketika Luis Manuel Blanco menangani Platense Athletic Club pada 1993 hingga 1996, Blanco dengan berani mempromosikan seorang anak muda blasteran Prancis ke dalam skuat utama klub asal Buenos Aires itu. Dua bulan menjelang usianya yang ke-17 tahun, pemain yang bernama David Trezeguet itu diberi Blanco kesempatan tampil debut di divisi utama Argentina. Tahun berikutnya, 1995, Trezeguet pindah ke AS Monaco dan tiga tahun kemudian menjuarai Piala Dunia bersama timnas Prancis.

Di negara asalnya, Blanco dikenal sebagai pelatih yang mempromosikan Trezeguet, tetapi tak banyak yang mengetahui sepak terjang pria berusia 59 tahun itu. Kepada Ole, Blanco mengisahkan perjodohannya dengan Indonesia.

"[Saya dihubungkan dengan Indonesia] Dari seorang agen FIFA yang dulu pernah menjadi pemain dan kini beralih menjadi pengusaha," ungkapnya.

"Mereka punya enam kandidat, tetapi kemudian memilih saya. Saya mengatur semuanya melalui telekonferensi dengan penerjemah di Cina. Kami berangkat Rabu dan kemudian sepakat masalah finansial serta kontrak berdurasi dua tahun."

"Menjadi pelatih tim yang berskala besar merupakan kehormatan yang mungkin tak bisa diraih semua pelatih. Lihat misalnya [Reinaldo] Merlo di Racing Club, begitu sukses menjadi juara setelah bertahun-tahun puasa gelar, mereka membuatkannya patung. Indonesia paling besar berharap lolos atau mungkin melangkah sedekat mungkin ke Piala Dunia. Saya rasa untuk jangka panjang hal itu bisa dilakukan."

Reinaldo "Mostaza" Merlo yang disinggung Blanco merupakan pelatih yang sukses membawa Racing menjuarai liga Argentina pada 2001 atau 35 tahun setelah gelar terakhir mereka. Sebagai bentuk penghormatan, Racing mendirikan khusus patungnya.

"Entah apa saya bisa dibuatkan patung atau tidak, tapi mereka sudah mengenal reputasi Argentina," imbuh Blanco saat digoda pertanyaan apakah ingin menyamai "prestasi khusus" Merlo.

"Saya menyukainya karena Indonesia belum meraih prestasi apapun. Mereka punya banyak pemain bagus dan saya rasa yang kurang adalah pelatihan untuk pelatih. Memang sulit, tapi ini menggoda saya."

Blanco mengaku telah mengambil pengalaman mengenal karakter pemain Asia ketika menangani tim Beijing.

"Mereka sangat ramah. Mereka cepat dan punya reaksi yang bagus, tapi harus membentuk kekuatan fisik," sambungnya.

"Kami harus membuatnya tidak terlalu patuh, mungkin sedikit berjiwa pemberontak, seperti karakter banyak pemain Argentina. Mereka bermain tidak efektif, tapi punya banyak pemain berkualitas."

Beberapa jam setelah pengumuman Blanco sebagai juru taktik timnas yang baru, komisi eksekutif PSSI pun melakukan pengumuman tentang rencana penunjukan Lionel Charbonnier, mantan kiper ketiga timnas Prancis, sebagai direktur teknik serta mantan pelatih Persibo Bojonegoro asal Brasil, Paolo Camargo, sebagai pelatih tim Indonesia U-14.

Di tengah penyelesaian konflik internal federasi sepakbola tanah air, posisi kepelatihan timnas kini sangat bernuansa multinasional. Sangat menarik menantikan kiprah Blanco, Charbonnier, dan Camargo ketika mereka mulai bertugas kelak. Meski muncul pertanyaan, bagaimana nasib Nil Maizar selanjutnya?

Kiprah sebagai pelatih:
Kiprah sebagai pemain:
1991-92 Cobras Ciudad Juárez, Meksiko
1993-96 Platense Athletic Club, Argentina
1997-98 Veracruz, Meksiko
1998 Belgrano, Argentina
1999 Deportivo Español Club, Argentina
2000-01 Independiente Mendoza, Argentina
2002 Deportivo Godoy Mendoza, Argentina
2003 Gimnasia Jujuy, Argentina
2004 Jorge Wilsterman, Bolivia
2005 Huracan, Argentina
2006 San Martín de Mendoza, Argentina
2007 Lujan de Cuyo, Argentina
2008 Club Sport Cartaginés, Kosta Rika
2009 Los Andes, Argentina
2010-11 Dínamo Tirana, Albania
2011-12 3 de Febrero, Paraguay
2012 Beijing U-20, Cina

Kiprah Sebagai Pemain
1972-1990
(antara lainemoticon-Smilie
Lanus, Argentina
Boca Juniors, Argentina
Oriente Petrolero, Bolivia
Atlanta , Argentina
Toronto Metros, Kanada
Tigre, Argentina
Jorge Wilsterman, Bolivia

SUMBER
0
1.3K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.