kiko.starjesAvatar border
TS
kiko.starjes
Sekilas Tentang Fenomena MoonBow
Spoiler for HT:


Kita semua pasti sudah tahu pelangi, fenomena yang muncul setelah hujan di siang atau sore hari. Pelangi yang biasa kita lihat adalah spektrum cahaya berbentuk busur besar yang terjadi akibat pembiasan cahaya matahari dan butir air. Umumnya, pelangi terjadi di siang dan sore hari. Tapi pernahkah kalian melihat pelangi yang muncul di malam hari? Bagaimana bisa tercipta pelangi sedangkan tidak ada matahari?



Sebelumnya kita mengenal dulu apa itu Moonbow atau yang disebut pelangi bulan. Pelangi bulan adalah salah satu fenomena alam yang langka dan sulit untuk ditemui. Moonbow lebih jarang terjadi dibandingkan dengan Rainbowyang sering kita lihat terbentang dilangit pada siang hari, yang merupakan gejala optik berupa cahaya warna-warni. Moonbow terjadi saat malam hari, saat matahari telah terbenam dan bulan tampil untuk menggantikan tugas matahari.

Fenomena ini terjadi ketika bulan berada pada titik rendah (kurang dari 42° di atas langit) dan ada hujan yang berlawanan dengan bulan. Bulan memang benda langit yang tidak memiliki cahaya sendiri, bulan hanya “meneruskan” cahaya dari matahari. Bila pelangi siang hari terjadi karena pembiasan cahaya matahari, maka pelangi yang terjadi malam hari disebabkan oleh pembiasan cahaya bulan.

Beberapa tempat di dunia sering menampilkan moonbow, salah satunya adalah air terjun Victoria di perbatasan Zambia dan Zimbabwe. Selain itu, air terjun Cumberland, dekat Corbin, Kentucky di Amerika Serikat juga sering dilaporkan terlihat moonbow disana.




Moonbow akan terlihat pada saat bulan purnama atau pada saat bulan hampir mencapai purnama, mata kita biasanya agak sulit melihat perbedaan warna yang tampil pada moonbow karena biasanya terlalu lemah untuk merangsang reseptor kerucut warna di mata manusia. Akibatnya mereka sering tampak putih, tapi kamera dapat menangkap warna-warna yang tampil “dengan sempurna”. Mata kita biasanya hanya bisa menangkap warna putih, dimana warna putih merupakan gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda, yang terjadi pada cahaya matahari. Tapi, bila cahaya bulan sangat terang, pelangi merah biasanya dapat dilihat dengan mata telanjang. Moonbow biasanya terlihat berlawanan dengan posisi bulan dan terlihat “begitu sempurna” pada saat terjadi bulan purnama secara penuh. Kombinasi persyaratan ini membuat Moonbow lebih jarang terjadi dibanding pelangi yang dihasilkan matahari.

Sebuah lingkaran (berbentuk cincin) berwarna di sekeliling bulan bukanlah moonbow. Cincin tersebut adalah fenomena optikal yang terbentuk karena pembiasan sinar bulan oleh kristal-kristal es heksagonal yang terbentuk di atmosfer. Fenomena ini dinamakan Lunar Ring (Halo & Corona)dan hanya dapat terjadi jika bulan berada di satu sudut tertentu saja. Fenomena ini lebih sering terjadi, mungkin agan-agan ada yang pernah liat juga.



Moonbow memang sangat jarang terjadi, perlu kondisi dan kriteria khusus yang menyebabkan kondisi ini akan terjadi, yaitu posisi bulan berada pada titik rendah (sekitar kurang dari 42° di langit) dan sinar bulan harus kuat (ini terjadi pada fase mendekati purnama atau purnama), air (hujan, percikan air terjun, embun) dalam intensitas yang cukup dan langit telah gelap. Sebagai pendukung jika turun hujan dengan arah berlawanan dapat membuat terlihat lebih terang. Kombinasi ini membuat moonbows jauh lebih jarang muncul dari pada pelangi yang dihasilkan oleh matahari (dengan perhitungan bulan penuh muncul hanya satu-dua kali dalam sebulan).

Berikut ini beberapa Moonbow yang indah:

Spoiler for Moonbow:

Spoiler for Moonbow:

Spoiler for Moonbow:

Spoiler for Moonbow:

Spoiler for Moonbow:

Spoiler for Moonbow:

Spoiler for Moonbow:

Spoiler for Moonbow:

Spoiler for Moonbow:

Spoiler for Moonbow:

Spoiler for Moonbow:

Spoiler for Moonbow:

Videonya gan :


Nah gimana gan, ada yang tertarik nyatain cinta pas Moonbow? emoticon-Malu (S)Sekian dulu info dari ane, semoga thread ini bermanfaat. Yah, minimal menambah ilmu pengetahuan buat agan-agan yang belum tau emoticon-Big Grin. Mohon maaf jika ternyata thread ini emoticon-Repost (S) tapi ane cek sih belum ada yang buat. Kalo ada yang mau sedekah segelas emoticon-Cendol (S) seger ane terima gan asal jangan di emoticon-Blue Guy Bata (S) ampuun gan emoticon-Takut (S) oia seumbernya dari mbah google. Terakhir, monggo di rate dan komen biar thread ini tidak tenggelam. emoticon-I Love Kaskus (S)
Diubah oleh kiko.starjes 15-03-2013 16:09
0
55.9K
759
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.