Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vannforiestianAvatar border
TS
vannforiestian
Kita orang INDONESIA apa bukan ?!!?
para kaskuser yang sudah ISO silahkan memberikan

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)dan emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


[CENTER" style="font-family:Roboto !important;">
Dengan agan ngasih cendol dan rate, tandanya agan sudah menolong 1 rakyat miskin yang kelaparan


emoticon-Sundulemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Kaskus


Oke, Cekidot


Untuk kali ini ane mau bahas tentang pancasila. Ane yakin pasti diantara agan2 sekalian masih cukup banyak yang ga apal sama isi pancasila, ato lebih bakunya biasa disebut sifat-sifat pancasila, atau jangan2 sama sekali ga tau apa isinya??


Sebelumnya ane mau cerita dikit, ane biasa nongkrong disatu jalan yang ga gede dan ga kecil, yang pas malem gelap dan pas siang terang.
sekitar dua hari yang lalu pas ane lgi nongkrong, ga sengaja ane nguping obrolan 2 bapa-bapa. Setelannya sih oke, bawanya juga ga nanggun mobil BMW.

Setelah ane rangkum semua pembicaraan mereka ane coba tulis intinya ajh ya, terlalu panjang kata2 juga terkadang buat agan2 males bacanya emoticon-Ngakak

yang intinya, mereka tidak hapal isi pancasila. Bahkan sebelum mereka pulang mereka bertanya kepada sang pemilik warung yang juga ga tau apa isinya. Bener2 sedih kalo liat rakyat2 Indonesia yang kaya begini, OH iya, mereka pun memperdebatkan knpa harus ada pancasila

APA SIH PANCASILA ITU?



Pancasila berasal dari kata ‘panca’ yang berarti lima. Sedangkan ‘sila’ yang berarti dasar, sehingga bermakna lima dasar. Dari mulai SD hingga sekarang, oleh guru-guru dan orangtua kita selalu ditanamkan sifat-sifat Pancasila yang bunyinya udh ga asing lagi buat kita :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


Pancasila merupakan ideologi Negara Indonesia yang harus dijunjung tinggi oleh segenap masyarakat didalamnya. Baik yang kaya, maupun yang miskin. Tua, maupun muda. Semuanya dituntut untuk bisa menjunjung dan mengamalkan nilai-nilai didalamnya.
Pancasila juga merupakan landasan yang tepat bagi seluruh pemeluk agama di Indonesia tanpa membeda-bedakan satu sama lain. Tidak ada satupun sila yang menyinggung atau bertolakbelakang dengan ajaran agama yang ada, bahkan Pancasila ada di seluruh ajaran agama. Karena Pancasila sangat berkaitan dengan Bhinneka Tunggal Ika, walaupun berbeda-beda namun tetap satu.
Setiap negara harus mempunyai dasar negara, tak terkecuali Indonesia. Pancasila sebagai dasar Negara merupakan pondasi dari Indonesia. Kuatnya pondasi Negara akan menguatkan berdirinya Negara itu dan kerapuhan pondasi suatu Negara, akan berakibat lemahnya Negara tersebut. Lihat Indonesia. 67 tahun sudah kita merdeka. Lambat laun, Pancasila yang begitu dijunjung nilai-nilainya, sekarang sudah mulai terkikis oleh tindak amoral rakyatnya. Perjudian, pemerkosaan, kekerasan, pembunuhan, tawuran antar pelajar kerap menghiasi media cetak dan elektronik. Itu semua merupakan bukti bahwa nilai-nilai Pancasila mulai terlupakan.
Sehingga penulis berkesimpulan bahwa Pancasila merupakan dasar serta Ideologi bangsa yang harus dijunjung, dipertahankan, serta diamalkan nilai-nilainya dalam kehidupan kita sehari-hari.



Mungkin sekian dari ane gan, pesennya sih cintai negara kita ini emoticon-I Love Indonesia







Spoiler for Silahkan dibuka:
Diubah oleh vannforiestian 13-03-2013 10:07
0
1.2K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.