kamtonoAvatar border
TS
kamtono
[Share] Tips yang mau jadi Webstore Admin single fighter mode on
Jadi anda sudah memiliki sebuah webstore, atau mungkin saja baru berangan-angan memilikinya ? Memang tak bisa dipungkiri lagi bisnis online menjadi sebuah kegiatan yang unik, terutama bagi pekerja kantoran (kayak ane gan) yang ingin mencari tambahan pendapatan. Bisnis online bisa beragam mungkin dari yang jualan buku, elektronik, hape, komputer, fashion atau yang lainnya. Dan karena sudah hampir 1 tahun ini ane mengurus sendiri dari mulai awal hingga sampai sudah berjalan. Dan sebagai keluh-kesah, pahit-manisnya ane mau berbagi buat agan-agan sekalian.

Artikel ini akan membahas tentang seorang pejuang tangguh admin webstore (alias single fighter gan), tau sendiri yaaa karena gratis sih. Yuk intip tips dari ane, cekidot gan...

  1. Pilih aplikasi eS E N S O Rmerce open source, dengan dana sangat terbatas nggak mungkin untuk membeli jasa untuk ngedesain kan, apalagi minta membangun dari awal. Pilihannya banyak kok, mulai dari opencart, magento, prestashop, tomatocart, oscommerce, zencart. Sorry ane nggak masukin eS E N S O Rmerce yang menjadi plugin dari CMS.

  2. Berani buat ngoprek, lagi-lagi masalah dana gan.... sedih banget kayaknya. Memang mau nggak mau ini menjadi pilihan utama, jadi agan harus bisa instal, konfigurasi, oprek tentunya, desain sedikit jadilah. Kalau yang ane lakuin adalah merombak bahasa yang disediakan agar sesuai dengan yang ane pengen. Soal desain ane default aja.... ubah sedikit warna disana dan disini... hasil akhirnya OK juga kok.
  3. Atur fitur dan sesuaikan, hmmm.... memang diakui tidak semua fitur yang ada di eS E N S O Rmerce cocok untuk barang yang akan dijual, jadi pelajarilah. Dalam kasus ane adalah membuang pembayaran berjenis pay*** dan memasukkan pembayaran jenis transfer sebagai pilihan utama.
  4. Think like CEO, waaahhh english dikit nggak apa-apa kan ? Buat sendiri semua pernyataan seperti syarat dan kondisi, pengiriman, pembayaran, privasi, klaim, kerjasama, tentang kami, kontak, ketersediaan. Wuiih kok banyak gan, meskipun webstore kita ini masih kecil dan baru saja berdiri setidaknya kita mempunyai komitmen tentang hak dan kewajiban yang akan diperoleh oleh konsumen bukan ?
  5. Entri data, ampuunnn dj ini nih kegiatan yang gimana gitu.... tips dari ane... ya udah jalanin aja gan. Kegiatan entri data ini pastinya akan harus mengolah gambar, punya deskripsi tentang barang yang ditawarkan, soal harga jualnya agan yang paling tahulah. Soal pengolahan gambar sementara ini ane cukup cropping-resizing-saving, nggak ribet-ribet banget kok, asalkan hasil file gambar tersebut tidak besar-besar banget takut lemot nanti. Untuk gambar thumbails misalnya 20 KB, sedangkan pas di zoom < 200 KB kalau bisa kurang.
  6. Pilih nama domain dan webhosting, ini keputusan yang gampang-gampang susah gan ane serahin semua keputusan yang ini ke agan sendiri lah. Tips dari ane adalah jangan menggunakan webhosting gratis apalagi yang nawarin harga murah banget dengan janji-janji fitur yang mantap. Serta pilih yang pelayanannya mantap gan, bisa dihubungi kapan saja pas agan butuh, kalau pilih yang berbasiskan perusahaan jangan yang individu.
  7. FTP in session, eeennngg... ing eeennggg.... setelah semua desain dan entri data sudah dilakukan sekarang saatnya meng-unggah kesemua file tersebut. Kalau bisa koneksi internet yang kenceng gan, biar cepet kelar. Ane nggak ada pengalaman pakai ftp / file manajer versi web, jadi silahkan pakai yang menurut agan paling bagus saja.
  8. Ekspor data SQL, hmmm susah untuk deskripsinya, kira-kira artinya adalah mengekstrak data webstore dengan menggunakan phpmyadmin atau aplikasi yang lain agar didapat file data dengan format SQL. Setelah itu lakukan proses impor data ke database webhosting agar semua proses entri data yang dilakukan tidak sia-sia.
  9. Taraa... , saatnya mencoba webstore anda gan.... cek dan periksa apabila ada yang salah. Dan yang paling utama adalah coba lakukan pemesanan mulai login, pilih barang, checkout, pilih pembayaran, pilih ekspedisi. Dan pastikan ada salinan email ke alamat email anda, untuk membuktikan bahwa aplikasi webstore telah berjalan dengan lancar.


Nah tips-tips itu adalah untuk memulainya dari awal perencanaan sampai dengan sudah ter'publish' di internet dengan menggunakan nama domain yang telah dipilih. Namun proses maintenance, updating data, perubahan themes juga menjadi kegiatan yang tak kalah seru dan repotnya.... intip juga yuk perjuangan single fighter sang admin webstore tentang bagaimana melakukan proses berkelanjutannya, lets cekidot gan ....

  1. Maintenance, proses ini meliputi backup dan restore database. Sejalan dengan berlangsungnya webstore agan... pastinya akan banyak permasalahan yang sudah terjadi atau akan terjadi. Anggap sajalah script kiddies, hacker/kracker, database corrupt (masalah internal webhosting), security yang lemah, password yang mudah ditebak dan sebagainya. Setidaknya setiap agan melakukan update data harus diakhiri dengan melakukan backup data dan jadikan ini menjadi kebiasaan karena kita tidak tahu kapan ancaman akan terjadi.
  2. Security is important, ya sebagai seorang pejuang tangguh webstore admin setidaknya menjadi keharusan untuk menambahkan keamanan pada webstore semisal htaccess, password yang susah. Atau apabila ada saran keamanan dari aplikasi open source eS E N S O Rmerce mungkin bisa diterapkan disini. Selain webstore, user/passowrd yang lain adalah web admin panel, ftp, mail dan lainnya.
  3. SEO is the key for success, mau nggak mau ini menjadi sebuah aktivitas kunci yang harus dilakukan untuk setiap webstore admin, jadi misalnya pada proses entri data telah dimasukkan kata-kata kunci, (TAG) maka sekarang tinggal menunggu om google untuk mengindeks semua halaman webstore agan. Tapi SEO itu apa sih ? Kalau menurut versi ane yaitu sebuah upaya yang harus dilakukan agar halaman indeks, atau halaman tertentu dapat muncul pada sebuah mesin pencari dengan mengetikkan suatu kata kunci tertentu. Jadi usaha apa yang bisa dilakukan agar mendapatkan hasil yang bagus pada mesin pencari dengan kata kunci yang agan inginkan ?

    Web URL Safe, web url safe adalah sebuah upaya agar alamat webstore yang tampil di web browser disajikan lebih rapi, tentu saja hasilnya tidak akan ada kode-kode programming yang muncul. Dan bagi pengunjung ini akan lebih menyenangkan.

    XML Generator, hmmm... menjadi mutlak untuk digabungkan dengan tool seperti google webmaster. Memang benar tool tersebut yang akan melakukan indeks halaman, namun tanpa bantuan file xml tool tidak dapat bekerja. XML berisikan semua link halaman webstore agan... jadi sudah termasuk halaman login, pembayaran, produk dan lain sebagainya.

    Google Webmaster atau Yahoo Explorer (sudah ditutup), daftar dahulu agar langsung mengetahui tool hebat ini. Dalam menu google webmaster akan meminta file xml yang baru saja digenerate, selanjutnya google akan melakukan indeks halaman secara otomatis begitu file dikirimkan.

    Make a good reputation, maksudnya bangunlah sebuah reputasi. Kalau cara ane adalah menggunakan fjb nya kaskus... terus di link kan ke webstore ane gan. Nah dari trafik itulah pastinya akan meningkat bukan ? Dan kalau bisa jangan cuman di fjb, lakukan di forum-forum lainnya ... ini untuk meningkatkan reputasi webstore anda, sehingga memungkinkan akan naik juga peringkatnya di mesin pencari. Oh ya bikin iklan juga di tokobagus.com atau berniaga.com meskipun terbatas untuk gambar, dan nggak bisa link ke webstore.

    Duit, yaappp kalau punya duit lebih keluarin duit untuk sewa banner atau space yang terjangkau di situs-situs dengan pengunjung yang banyak, kaskus tentunya tapi tentukan di sub forum yang mana anda ingin menampilkan iklan agan tersebut.

  4. Updating data, hmmm... kayaknya ini akan menjadi aktivitas harian, mingguan yang harus anda kerjakan dalam mengelola bisnis online anda. Tapi apapun tetap semangat yaa, ane sendiri kadang sampai begadang sampai 2 harian untuk menyiapkan mulai dari scanning, cropping-resizing, terus dilanjutkan entri data.
  5. Ganti tema dan desain, seiring dengan perubahan musim hujan ke musim panas, lalu musim mangga terus ke musim durian. Lho .... upsss... maksudnya begini gan, kan sering tuh beberapa webstore terkemuka melakukan ganti kulit ehh.... ganti tema pas ada acara-acara penting seperti tahun baru, kemerdekaan, hari raya keagamaan atau mungkin saja webstore anda sedang berulang tahun.... supaya tampilan lebih segar dan menarik konsumen baru untuk berbelanja di webstore agan.


Sekian gan ... kalau mau nambahin oke juga
0
2.8K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Website, Webmaster, Webdeveloper
Website, Webmaster, WebdeveloperKASKUS Official
23.3KThread4.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.