Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

h4ndAvatar border
TS
h4nd
Multiple Moving Cursor untuk mencegah pencurian Password
Multiple Moving Cursor untuk mencegah pencurian Password

Orang-orang yang melek komputer, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah PASSWORD. Untuk login ke Kaskus/Facebook/Yahoo/Gmail dsb, kita membutuhkan password. Tentunya, password ini harus dirahasiakan agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Dalam banyak kasus, untuk mencuri password seseorang.. hacker memanfaatkan keylogger, yaitu sebuah software yang dapat merekam tombol keyboard apa saja yang ditekan oleh seseorang saat orang tersebut mengisikan passwordnya. Hasil rekaman ini kemudian disimpan atau dikirimkan ke hacker tersebut yang akan mempergunakan password tersebut untuk mengambil alih akun korbannya.

Untuk mengatasi keylogger, beberapa situs atau software memanfaatkan Virtual Keybord yang dimunculkan di layar dan dapat di-click dengan mouse (untuk menghindari direkamnya tombol keyboard yang ditekan oleh keylogger).

Akan tetapi, beberapa keylogger memiliki kemampuan untuk melakukan "screen capture" dan bahkan membuat "short movie" untuk mencuri informasi password. Bahkan, seseorang yang berdiri tepat di belakang kita juga dapat melihat saat kita click Virtual Keyboard dan selanjutnya mencuri password kita.

Japan Science and Technology Agency (JST) memiliki konsep yang menarik untuk mencegah keylogger mencuri password dengan cara screen capture ataupun short movie saat kita mengisikan password melalui Virtual Keyboard.

Multiple Moving Cursor adalah konsep yang mereka tawarkan. Dengan terdapatnya beberapa cursor yang bergerak di layar, tentunya akan sedikit menyulitkan proses pencurian password oleh keylogger ataupun seseorang yang berdiri di belakang kita.

Idenya menarik. Tapi apakah efektif ? Atau malah membuat bingung user ? Tentu saja masih harus dibuktikan.

Tapi untuk sementara waktu, bisa dilihat di video ini :

Diubah oleh h4nd 10-03-2013 23:45
0
1.1K
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.5KThread9.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.