christ.an.nathAvatar border
TS
christ.an.nath
Sejarah Terbesar SUIKODEN 水滸伝
HOT THREAD



Thanks buat agan2 yang uda mendukung jadi Hot Thread dan cendol2nya

Hai Agan2 Kaskuser.

Akhirnya hari ini tiba juga, tanggal yang ditunggu-tunggu untuk membuat ID baru di tanggal 1-3-13. ID ini akan didedikasikan untuk memuat berita2 berkualitas dan juga cerita2 unik, dan semoga membuat komunitas KASKUSini semakin baik.

Thread pertama yang saya suguhkan adalah tentang SUIKODEN. Saya yakin banyak dari Kaskuser yang familiar dengan kata ini dan banyak juga yang menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan kata ini, tapi belum banyak yang tau sejarah mendetail tentang salah satu RPG yang mencetak sejarah hebat dalam dunia console. Nah kita langsung mulai pembahasannya.





Background

Suikoden atau biasa disebut Gensou Suikoden di negara asal pembuatannya yaitu jepang, ini adalaha game konsol yang bergenre RPG dan di produksi oleh Konami. Suikoden memiliki ciri khas dengan 108 karakternya atau biasa disebut “Star of Destiny” ini di adopsi dari roman dan novel dari Tiongkok yang berjudul Shui Hu Zuan. Game seri pertamanya yaitu “Gensou Suikoden” di buat pada konsol PlayStation pada 15 Desember 1995 di Jepang kemudian di rilis di Amerika pada tahun 1996. Game pertama ini juga dirilis untuk konsol Sega Saturn pada 17 September 1998 di Jepang, kemudian Suikoden terus berkembang dengan 5 seri utama dan 5 seri tambahan (spin- of) Suikoden:
1 SUIKODEN I PSx, Sega, Ponsel ’95(J), ‘96(US), ‘97(EU),
2 SUIKODEN II PSx ‘98(J), ’99(US), ’00(EU)
3 SUIKODEN III PS 2 ‘02(J)(US)
4 SUIKODEN IV PS2 ‘04(J), ’05(US)
5 SUIKODEN V PS2 ‘06(J)(US)
6 SUIKOGAIDEN I PSX ‘01(J)
7 SUIKOGAIDEN II PSX ‘01(J)
8 SUIKODEN CARD STORIES GBA ‘01(J)
9 SUIKODEN TACTICS PS2 ‘05(J)(US), ’06(EU)
10 SUIKODEN TIERKREIS NDS ‘08(J), ’09(US)




Pada saat Suikoden yang pertama dirilis, IGN menklaim permainan ini akan sangat mudah menjadi permainan RPG terbaik tahun ini, karena menganggapnya mempunyai cerita yang sederhana dan latar belakang visual dan musik yang cantik dan fantatis. Rottentomatoes memberi nilai rating 60%, Game Revolutionmemberi nilai A- terutama ditujukan untuk musik di dalam permainan. RPGamer menyatakan juga bahwa game ini sangat orisinal dan nyata, beda dengan cerita umum tentang orang-orang misterius yang mempunyai kekuatan untuk menyelamatkan dunia, dan permainan ini sangat sederhana dan memberi rating 7. Gamespot memberi nilai 6,5 dan menyatakan bahwa permainan ini easy-play dan sederhana. Suikoden 5 muncul tahun Februari 2006 dan menerima banyak penghargaan seperti “The Best Story of RPG” versi IGN[5] dan Gamespot. Tidak lama setelah itu juga keluar pembuatan ulang paket Suikoden 1 dan 2 untuk konsol permainan Sony PSP, tetapi memiliki angka penjualan yang sangat sedikit di Jepang yaitu sebanyak 21.707 kopi.



Ciri Khas Suikoden

Secara universal kisah Suikoden adalah seputar politik, revolusi, cinta, persahabatan dan takdir yang di alami oleh tokoh utama maupun karakter lain. Suikoden memiliki perbedaan dari game RPG lainnya yaitu cerita tentang realita poltik. Cerita dimulai dari tokoh utama yang kita beri nama sendiri, kemudian mengumpulkan kekuatan dengan merekrut pasukan, membangun kastil kemudian mengalahkan lawan.

Berikut adalah ciri khas game suikoden secara umum yang berbeda dari game RPG lainnya :
Spoiler for Khas Banget:




Suikoden menyediakan banyak sekali karakter yang dapat dimainkan, ini merupakan hal yang membuatnya unik di antara RPG lain. Suikoden terkenal dengan 108 Stars of Destiny yang bisa direkrut. Sistem permainan meliputi pertarungan random di peta dunia dan dungeon meningkatan level karakter. Suikoden memiliki setidaknya tiga sistem pertarungan yaitu sistem turn-based yang digunakan pada pertarungan acak, sistem pertarungan satu lawan satu (duel), dan sistem strategic turn-based dalam pertarungan antar pasukan atau war. Dalam RPG ini pemain akan membentuk sebuah pasukan dan memiliki markas (HQ) yang akan bertambah besar seiring perjalanan permainan. Berbagai permainan selingan dan side quest juga ikut meramaikan permainan ini. Penggunaan data memory (save file) dari permainan seri Suikoden sebelumnya juga merupakan salah satu tonggak awal trend bagi permainan video lainnya.


Pemasaran dan Popularitas

Sebelumnya perusahaan Koei telah membuat permainan yang berjudul sama, dengan menggunakan latar belakang dan sejarah Suikoden asli pada konsol Nintendo. Game ini tidak jauh berbeda dengan game romance of Three Kingdom. Kemudian Suikoden diambil alih oleh Konami, tetapi Konami membuat isi Suikoden hampir semuanya tidak berdasarkan sejarah asli Suikoden, hanya menggunakan beberapa event dan angka 108 nya yang diambil. Suikoden buatan Konami pertama muncul di konsol permainan Playstation, tetapi kurang sukses karena hampir bersamaan tahun dengan munculnya seri Final Fantasy 7. Final Fantasy saat itu sudah terlanjur terkenal duluan, sedangkan Suikoden baru saja muncul seri pertamanya, apalagi Final Fantasy sudah menggunakan grafik 3 dimensi sedangkan Suikoden masih menggunakan 2 dimensi. Suikoden juga muncul di Sega Saturn tetapi di konsol permainan ini nama Suikoden malah hampir tidak terdengar jika dibandingkan dengan yang muncul di Playstation.



Setelah munculnya Suikoden 2, popularitas Suikoden melesat naik dan menjadi salah satu permainan jenis RPG terbaik versi beberapa majalah dan situs permainan. Keluarnya Suikoden satu seri Suikoden dan seri selanjutnya biasanya berbeda sekitar 2-3 tahun, dan di setiap seri terkadang ada satu sub-seri seperti Suikogaiden vol.1 dan 2, Suikoden Tactics, Suikoden Tierkreis (sub-seri Suikoden memiliki sedikit hubungan cerita yang berkaitan dengan seri utama Suikoden, tetapi mempunyai sistem permainan yang berbeda)

Suikoden 3 adalah satu satu seri yang paling banyak menerima komplain dan kritikan karena memberikan perubahaan yang besar bagi seri Suikoden, salah satu diantaranya adalah perubahaan grafik 2 dimensi ke 3 dimensi, ada pihak yang memberi dukungan tetapi ada juga pihak yang menolak. Tapi di seri ini tim pembuat lebih berani dalam membuat inisiatif cerita, dengan 3 sudut pandang 3 tokoh utama dan 3 tokoh karakter pendukung atau biasa disebut Trinity View Point. Suikoden 4 muncul dan juga mengalami kritikan yang lebih besar karena semakin diluar jalur yang menjadi ciri khas Suikoden, salah satunya adalah penggunaan markas di kapal yang dianggap aneh, kemudian Suikoden 4 mempunyai cerita yang relatif sedikit dan pendek. Lalu Suikoden muncul lagi dengan Suikoden 5, di sini Suikoden kembali menuai sukses dengan meraih penghargaan cerita RPG terbaik untuk konsol PS2.

Umumnya permainan Suikoden buatan Konami muncul di konsol permainan Sony (Playstation dan Playstation 2), dan hanya muncul sekali di konsol Sega Saturn dan Gameboy Advance. Untuk versi Jepang, Konami menambah kata Genso(Gensou) di depan, menjadi Genso (atau Gensou) Suikoden.

Polling
Poll ini sudah ditutup. - 619 suara
Serial Suikoden apakah yang kamu paling suka?
Suikoden
7%
Suikoden 2
78%
Suikoden 3
4%
Suikoden IV
3%
Suikoden V
8%
Diubah oleh christ.an.nath 09-03-2013 16:29
0
138K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.