Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

goindonesiacomAvatar border
TS
goindonesiacom
Merasakan suansa Thailand di Surabaya
Merasakan suansa Thailand di Surabaya


Patung Budha Empat Muka



Jika Anda ke Surabaya, jangan lewatkan untuk mengunjungi patung unik yang satu ini yaitu Patung Budha Empat Muka di Pantai Ria Kenjeran.
Patung ini memiliki empat muka yang mewakili empat sifat yang baik dari Sang Budha, yaitu pengasih, murah hati, adil dan meditasi.

Patung Buddha Empat Muka dibangun pada Juli 2003 dan baru diresmikan pada 9 November 2004. Bangunan utama dari patung ini berukuran 9 × 9 meter, dan termasuk kubah yang mencapai 36 meter. Bangunan dikelilingi oleh empat pilar, yaitu pilar hijau atau emas; yang terdiri dari tiga bagian, yaitu stupa, patung Buddha dan singgasana Buddha.

Di bagian atas stupa telah dilengkapi dengan penangkal petir, sedangkan patung Buddha dan takhta masing-masingnya memiliki tinggi 9 meter. Patung ini memiliki empat wajah serta delapam tangan, dimana setiap tangannya terdapat kitab suci, air suci, sebuah senjata yang di gambarkan sebagai senjata pertahanan kemudian sebuah senjata sebagai simbol senjata melawan kejahatan, tasbih, sebuah cawan, satu tangan memegang dada serta satu tangan lagi memegang cupu. Dengan menempati lahan seluas 1,5 hektare dan spesifikasi yang dimiliki oleh patung ini, MURI atau Museum Rekor Indonesia pernah menyatakan bahwa patung ini merupakan patung Budha tertinggi di Indonesia.

Patung ini memiliki kemiripan dengan patung Budha di Bangkok, yang terdiri atas wajah perdamaian dan kesehatan, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan dan wajah perlindungan terhadap kejahatan. Nah, bahan untuk lapisan Patung Budha Empat Muka menggunakan emas murni yang langsung di impor dari Thailand.

Selain melihat patung Buddha empat wajah, di tempat ini kita juga akan melihat empat patung gajah putih sekitar 4 kaki di setiap sudutnya, tiga bunga teratai yang menghiasi kolam renang dan ruang meditasi. Kompleks ini juga dihiasi dengan 12 lampu yang terbuat dari perunggu dan tembaga.

Sumber
Diubah oleh goindonesiacom 07-03-2013 06:38
0
1.1K
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Domestik
DomestikKASKUS Official
10.2KThread3.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.