Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

avezacAvatar border
TS
avezac
Daripada ke Turki, DPR Disarankan Belajar Budaya Ke Sujiwo Tejo


Merdeka.com--Komisi X DPR menjadwalkan kunjungan kerja ke Turki, India, dan Yunani pada 17 Maret mendatang selama enam hari. Kunker itu untuk menyusun Rancangan Undang-Undang Kebudayaan dan Perbukuan yang sedang digodok DPR.

"Turki dipilih karena keberhasilannya menjaga peradaban, terutama peradaban Islam," kata anggota Komisi X DPR Dedi Gumelar beberapa waktu lalu.

Menurut Dedi, dia ikut kunker ke Turki. Kunker, kata dia, penting dilakukan sebagai bahan masukan anggota dewan menyusun produk undang-undang untuk kepentingan rakyat.

"Kalau ada ahli-ahli yang bilang cukup lihat dari internet, berarti mereka belum pernah lihat undang-undang. Apalagi ini soal kebudayaan, nggak bisa dari literatur, harus dilihat secara empirik," lanjutnya.

Terpisah, Direktur Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Uchok Sky Khadafi menilai kunker anggota dewan hanya foya-foya.

Menurut Uchok, ketiga negara memiliki perbedaan budaya dengan Indonesia. Tidak ada manfaatnya bila dikaitkan dengan adat istiadat, berdasarkan suku-suku bangsa Indonesia.

"Belajarlah sama suku-suku yang ada di Indonesia, dari pada belajar ke tiga negara yang tidak ada kaitannya dengan bangsa kita," sindir Uchok. Atau, lanjut Uchok, silakan Komisi X DPR belajar sama pelawak yang baik, seperti Kirun atau Tarsan.

"Dan khusus untuk kebudayaan, belajarlah lebih mendalam ke Sujiwo Tejo agar lebih pintar," katanya.

Quote:
0
3.4K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.