Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thomcherAvatar border
TS
thomcher
Harlem Shake dan Rakyat Kesurupan
Daripada bengong nungguin kerjaan di kantor, nanti dibilang PNS makan gaji buta, lebih baik saya nulis di blog aja, kan kalo ada yang baca berarti memberikan manfaat, dan yang baca itu pasti rakyat Indonesia, jadi saya adalah PNS yang sudah memberikan manfaat bagi rakyat, ga bisa lagi dong dibilang makan gaji buta.. hahaha… #iya tau ini maksa banget

Fenomena Harlem Shake

Kembali lagi bersama saya, seseorang yang selalu skeptis dan sinis tapi ga pernah kritis #halaahh..

Seperti yang kita ketahui bersama kalau fenomena Harlem Shake sudah sangat “cetar membahana” di langit Indonesia. Mulai dari anak SMP sampai orang kantoran semua ikut-ikutan latah bikin video "tarian" eh goyangan Harlem Shake.

Kenapa kata tarian saya kasih tanda petik? Karena menurut saya yang ilmunya cetek ini, tarian adalah gerakan teratur yang enak diliat, paling tidak mempunyai tujuan yang jelas (ga percaya? lihat definisi tarian di wiki). Sedangkan ini, udah gerakan semaunya sendiri, tujuannya juga ga jelas maka lebih baik saya katakan ini bukan tarian tapi "kejang-kejang" eh goyangan



Ya ya ya… baik Gangnam Style ataupun Harlem shake semua adalah bentuk ekspresi diri, tapi kok ya kenapa anak saya yang umurnya 2 tahun lebih menyukai Gangnam Style dibanding Harlem Shake? Andai dia sudah dapat berdiskusi, mungkin akan saya tanyakan alasannya.

Saya tidak sinis terhadap Harlem Shake dan saya juga tidak sinis terhadap Gangnam Style, karena saya yakin kedua orang penciptanya adalah seniman dengan ide dan ekspresinya masing-masing.

Tapi yang bikin saya sinis ialah, begitu gampangnya rakyat Indonesia dimasuki budaya asing seperti itu, seniman lokal dengan tarian lokal jadi gamang dan bimbang hingga patah arang karena populernya budaya kejang-kejang.

Gimana gak gamang, kalo buka youtube judulnya gini “VIDEO ANAK BANGSA – HARLEM SHAKE INDONESIA” #tutup laptop #ga..ga pake dimatiin.

Jiwa nasionalismenya sih bagus “ANAK BANGSA” eh belakangnya Harlem Shake, duh.. itu namanya Nasionalisme Mubazir, lah masa anak bangsa membanggakan produk luar?, Udah gitu, nulis judulnya pake kibord yang caps lock nya rusak #hadehh… pusing kali ya jadi SBY hahaha… untung saya ga pernah ngimpi jadi presiden.

Rakyat Kesurupan

Sekali lagi saya ga sinis ya, tapi kalo dilihat-lihat kok Harlem Shake kaya gerakan orang kesurupan ya? Apa saya yang salah menilai kali ya.. soalnya yang saya lihat gerakannya tidak teratur dan lebih mirip orang kesurupan. Yah tapi masih lebih baik lah daripada nontonin acara malem-malem di tipi tentang kesurupan setan “kepo”.

Tau ga acara setan “kepo”? Itu lho acara tipi yang paling ga bermutu deh menurut saya, masa pas pembawa acaranya nanya sama setannya “Hey Nama Kamu Siapa?” ehh… jawabannya gini “Arghhh… argh… argh… hmmmm… Kasih Tau Gak Yaaaa..?” hadeeehh untung anak saya udah tidur hahaha….

Nah karena biasa disuguhkan acara-acara kesurupan maka bisa dibilang rakyat Indonesia adalah rakyat yang kesurupan, bagaimana tidak, goyangannya goyang kesurupan, tontonannya acara kesurupan, sampe di sekolah juga ikutan kesurupan. Yang paling parah, artis yang berperan sebagai idola remaja juga ikutan goyang kesurupan, doohhh…

Tapi biarlah, saya hanya berharap “meme” ini akan hilang ditelan waktu dan berganti “meme” yang lainnya dan mudah-mudahan ga tambah parah aja emoticon-Big Grin

Mungkin Harlem Shake hanya sekedar untuk melepaskan “sisi gila” dari kita sebagai manusia biasa, semacam bentuk perlawanan atas tingginya tekanan rutinitas sehari-hari.

Saya juga tidak pernah bilang kalau Harlem Shake adalah lepasnya kontrol kendali sosial, karena yang saya lihat belum ada pembuatan video Harlem Shake yang menjurus ke kriminal, drugs atau freesex dan mudah-mudah saja itu tidak terjadi, Amiinn ya Allah.

Untuk ke depannya, yuk mari kita coba angkat budaya sendiri, kalau perlu kita bikin tandingan yang lebih keren dan gila dari Harlem Shake, apa kek gitu.. Pocong Style kek… hop..hop.. hop..hop.. Lompat Pocong Style (4x) Jangan lupa bikin videonya gelap-gelapan ya terus pake background musik “Keong Racun” dijamin semua pada goyang deh emoticon-Big Grin

Yah setidaknya pocong dan dangdut berasal dari negeri sendiri, sehingga lebih nasionalis dan lebih pantas diberi label “Video Anak Bangsa” hahaha….

Akhir kata, alangkah baiknya apabila kita menjadi diri sendiri, diri yang tidak lepas dengan karakter unik bangsa kita. Mari pelan-pelan kita hilangkan Budaya Latah, Budaya Kagetan ataupun Budaya Gumunan agar kita nantinya tidak menjadi rakyat yang gampang kesurupan Amiinn…

Sumbernya Blog saya sendiri: tomobaik

PS : Ini postingan ngambang, saya aja gak ngerti saya nulis arahnya kemana, cuma kebetulan liat status kawan-kawan di fb banyak tentang Harlem Shake jadi ya pengen nulis tentang ini ajah hahaha… namanya saja tomobaik emoticon-Malu (S)
0
2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.