Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

linkcodeAvatar border
TS
linkcode
Sebut Zionisme Kejahatan Kemanusiaan, PM Turki Dihujani Kritikan Pedas
Sebut Zionisme Kejahatan Kemanusiaan, PM Turki Dihujani Kritikan Pedas



Ankara - Gara-gara pernyataannya yang dinilai menyinggung Zionisme, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dihujani kritikan oleh sejumlah negara Barat, seperti Amerika Serikat (AS) dan Israel serta PBB. PM Erdogan menyebut Zionisme sebagai bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan.

Pernyataan Erdogan ini semakin menuai kritikan keras karena Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry saat datang berkunjung ke Ankara, pada Jumat (1/3) ini. Dalam kunjungan tersebut, dijadwalkan PM Erdogan dan Menlu Kerry akan membahas soal krisis Suriah.

Selama ini, PM Erdogan dikenal sering mengkritisi kebijakan-kebijakan Israel. Hal ini membuat hubungan antara Turki dan Israel yang awalnya dekat menjadi berbalik 180 derajat. Demikian seperti dilansir AFP, Jumat (1/3/2013).

Pernyataannya yang dinilai kontroversial tersebut dilontarkan pada Rabu (27/2), tepatnya dalam sebuah forum yang digelar oleh PBB di Wina, Austria. "Sama seperti dalam kasus Zionisme, anti-Semitisme dan fasisme, tak bisa dihindari bahwa Islamofobia merupakan seuatu kejahatan terhadap kemanusiaan," ucap PM Erdogan saat itu.

Menanggapi pernyataan PM Erdogan tersebut, PM Israel Benjamin Netanyahu langsung bereaksi keras. "Pernyataan yang sangat kelam dan penuh kebohongan, orang-orang semacam itu seharusnya sudah tidak ada di dunia ini," tegas PM Netanyahu.

Reaksi yang tak kalah keras juga diberikan oleh sekutu dekat Israel, yakni AS. Menurut AS, pernyataan Erdogan yang menyamakan Zionisme sebagai kejahatan terhadap kemanusian sangat salah dan jelas-jelas menyinggung.

"Kami mengimbau seluruh orang dengan beragam keyakinan, budaya dan gagasan untuk terang-terang mengecam aksi penuh kebencian semacam ini dan mengesampingkan perbedaan yang ada," ucap juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, Tommy Vietor.

Sama halnya dengan PBB yang diwakili oleh juru bicara Sekjen Ban Ki-moon, yang juga hadir dalam forum bernama Fifth Global Forum of the Alliance of Civilisations tersebut. Sebagai orang yang mendengar langsung pernyataan kontroversial PM Erdogan, Ban Ki-moon turut menyampaikan kecamannya.

"Sekjen sangat menyayangkan pernyataan yang sangat menyakitkan dan bersifat memecah-belah dilontarkan dalam sebuah pertemuan yang digelar dalam tema kepemimpinan yang bertanggung jawab," demikian pernyataan kantor Sekjen PBB Ban Ki-moon.

"Sekjen mendengar pernyataan Perdana Menteri (Erdogan) tersebut melalui seorang penerjemah. Jika memang komentar tentang Zionisme ditafsirkan dengan benar, maka tidak hanya salah tapi juga bertentangan dengan prinsip aliansi peradaban yang sedang dibahas," imbuhnya.


[URL="http://news.detik..com/read/2013/03/01/194632/2183734/1148/sebut-zionisme-kejahatan-kemanusiaan-pm-turki-dihujani-kritikan-pedas"]SUMBER[/URL]

emg sudah jadi suatu keharusan babu membela majikan nya sendiri
emoticon-Coolemoticon-Cool
0
2.6K
20
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.4KThread11.4KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.