malescoAvatar border
TS
malesco
KEBIADABAN DENSUS DAN BRIMOB
MAAF KALO emoticon-Blue Repost


Video kebiadaban polisi yang diduga Detasemen Khusus 88 (Densus 88) dan Brigade Mobil (Brimob) menyebar luas di dunia maya. Rekaman penganiayaan oleh personel polisi diduga dari Densus 88 dan Brimob itu diunduh ke YouTube oleh ArrahmahChannel pada Jumat, 1 Maret 2013 lalu.


Video itu berdurasi sekitar 13.54 menit, berisi tindakan penganiayaan oleh polisi. Di dalam video tergambar jelas puluhan polisi berpakaian seragam. Sebagian di antara mereka mirip seragam Densus 88, serba hitam. Ada juga polisi berseragam Brigade Mobil. Mereka menenteng senjata laras panjang.

Pada menit awal terlihat beberapa warga dengan tangan terikat, berbaring di tengah tanah lapang sambil bertelanjang dada. Menit berikutnya, terlihat seorang warga dengan tangan terborgol berjalan menuju tanah lapang seorang diri. Terdengar suara teriakan petugas kepada orang tersebut agar membuka celana.

Sambil berjongkok dia membuka celana. Gambar berikutnya, orang tersebut sudah berdiri sambil berjalan, namun tiba-tiba tersungkur. Dia terkena tembakan di dada tembus ke punggung. Meski sudah tertembak, dia dipaksa berjalan ke tanah lapang.

Orang itu diketahui bernama Wiwin setelah polisi menginterogasinya. Meski Wiwin bersimbah darah, polisi tetap saja menanyai dia tanpa berusaha untuk menolong. Bahkan ada di antara polisi yang justru mengingatkan Wiwin bahwa sebentar lagi akan mati.

Pada menit ke 10.20 hingga menit ke 11.33, polisi saling bersahutan menyuruh Wiwin melafadzkan istighfar. "Win istighfar, kamu sudah mau mati," kata seorang polisi kepada Wiwin.

"Kamu mau mati, darahmu keluar terlalu banyak," kata polisi yang lainnya. Lelaki yang diteriaki itu terlihat sangat kesakitan. "Sakit sekali," katanya.

"Kamu kan mau mati, istigfar dulu biar masuk surga," sahut seorang polisi lagi. Kemudian Polisi itu terdengar membimbing Wiwin membaca dua kalimat syahadat. "Asyhadualla ilahailallah, waasyhaduanna muhammadarasulullah," seru polisi itu.

Staf khusus Forum Silaturrahmi Ormas dan Lembaga Islam, Mustofa B. Nahrawardaya, mengatakan video kekerasan polisi yang muncul di youtube tersebut mirip dengan video yang diserahkan tokoh agama kepada Kapolri Jenderal Timur Pradopo pada Kamis (28/2/2013) lalu.

Mustofa mengatakan para ulama dan tokoh ormas memiliki empat buah video kekerasan oleh polisi dalam menangani terduga teroris. Video tersebut diperoleh tokoh agama dari seseorang sepekan lalu.

"Kami juga akan ke Poso pekan depan. Kapolri sudah menjanjikan bertemu saksi dalam kondisi selamat," kata Mustofa, Sabtu (2 Maret 2013) seperti dikutip Tempo.co.

Mustofa mendapat informasi bahwa Wiwin masih hidup. Dia sekarang ditahan di satu lembaga pemasyarakatan di Sulawesi Tengah. "(Wiwin) itu yang akan kami temui," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin bersama pimpinan sejumlah ormas Islam tingkat pusat menemui Kapolri Jenderal Timur Pradopo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2013). Mereka menyerahkan video kekerasan yang diduga dilakukan Densus 88 terhadap tersangka teroris.

Din mengatakan, dalam video tersebut, Densus melakukan dugaan pelanggaran HAM meski tidak terdapat keterangan waktu dan lokasi kejadian. Video itu dikirimkan oleh orang tak dikenal dan diterima sekitar sepekan lalu.

Menurut Din, video itu mudah ditelusuri sebab gambar terlihat jelas. "(Video) penyiksaan terhadap tersangka teroris dan luar biasa. Diikat kaki tangan, ditembak, diinjak-dinjak, dan ada yang bernada nuansa keagamaan," katanya.

Menanggapi laporan para tokoh dan pimpinan ormas Islam, Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, Polri akan melakukan penyelidikan dan penegakan hukum yang transparan. Perwakilan ormas Islam maupun masyarakat lainnya bisa memonitor pelaksanaan proses hukum yang berlangsung.

Jika terbukti melakukan penganiayaan, polisi akan menindak tegas oknum tersebut. "Jika mereka-mereka yang terkait gambar itu terbukti melakukan kekerasan, tentu dikenakan sanksi sesuai hukum yang berlaku, akan transparan," ujarnya.


(Lihat:


sumber: tempo, kompas, arrahmahchannel
Diubah oleh malesco 03-03-2013 04:06
0
11.1K
187
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.