kentirzAvatar border
TS
kentirz
Rasyid Nyatakan Luxio Nyalip Tiba-tiba, Potong Jalur BMW Miliknya
babak baru persidangan si rashid anaknya si hatta rajasa semakin seru dan argumentasi yang dilontarkan si anak mama ini semakin pinter (iyalah, diajarin ama pengacara dan bokapnya)

Jakarta - Rasyid Rajasa, terdakwa kasus kecelakaan antara BMW X5 dan Daihatsu Luxio menjelaskan bagaimana tabrakan itu bisa terjadi. Versi Rasyid, Luxio menyalip dari belakang ke depan mobilnya secara tiba-tiba. Dan tabrakan pun tak terhindarkan.

Hal itu dijelaskan Rasyid saat dicecar majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jalan Jalan Dr Sumarno Nomor 1, Sentra Primer, Penggilingan, Jakarta Timur, Kamis (28/2/2013).

Hakim ketua Suharjono (HS) mencecar apakah Rasyid (R) melihat mobil Luxio hendak menyalip.

HS: Saudara terdakwa pada saat itu hanya fokus ke arah depan, sementara di lain pihak dari arah belakang posisi mobil Saudara, ada kendaraan lain. Yang saya tanyakan pada saat itu apakah Saudara tidak memperhatikan spion karena dalam perjalanan seorang pengemudi selain lihat ke depan, juga harus dilihat kaca spion arah belakang?

R: Saat menyetir beberapa detik saya juga melihat spion kanan dan kiri, saat itu memperhatikan. Saya harus fokus kedepan

HS: Baik, kalau kecepatan 80 sampai 85 km per jam, pasti di antara kendaraan ini ada jarak cukup. Kalau toh itu terjadi dari belakang, muatan Luxio antara 11 sampai 13 (orang), dari kendaraan Saudara mungkin cukup sulit jarak sekian memperhatikan?

R: Saya lihat sekilas, tapi dia masuk saya nggak tahu kalau dia masuk seakan nyelonong

HS: Baik, apakah pada saat posisi mobil Anda paling kanan atau paling kanan jalur kedua ?

R: Tidak, paling kanan.

HS: Tentunya kalau nyalip arah kiri ke kanan, tentu ada proses kemungkinan besar harus diperhatikan, di sini ada benturan yang terjadi?

R: Pada saat itu saya tidak terkalu cepat

HS: Kemungkinan apa Saudara lakukan persiapan sebelum kejadian tabrakan seandainya ada kendaraan berdekataan untuk menghindari terjadi kecelakaan?

R: Saya lihat spion tapi fokus ke depan.

HS: Anda tidak menyadari?

R: Saya menyadari tapi sangat cepat

HS: Memang di sini saksi ahli tidak bisa memberikan penjelasan. Jadi antara kebenaran tentu ada penilaian majelis. Di gambar ini memang posisi (Luxio) selalu di depan Saudara. Tapi ada perkembangan selama persidangan ternyata menurut Saudara, mobil korban saat itu dari belakang yang menyalip Saudara, dengan kecepataan lebih cepat sedikit dari saudara?

R: Saya tidak menyadari

Kemudian masalah mobil Luxio yang menyalip ini juga ditanyakan hakim anggota Hari Budi (HH).

HH: Pada saat kejadian tadi Anda memperhatikan Luxio menyalip?

R: Saya menghindar tapi tidak bisa, mobil saya depan kanan, saat itu mobil Luxio belakang kanan, kemudian airbag mengembang. Habis bekerja mobil ngerem, mesin mati total.

HH: Saat itu apa yang Anda lihat?

R: Pandangan tertutup airbag. Saya tidak melihat Luxio, saya melihat korban.

Hakim Hari kemudian menjelaskan dari BAP saksi korban yang juga sopir Luxio, Frans Joner Sirait, tidak ditemukan keterangan mobil Luxio itu menyalip dari belakang. Di sisi lain, saksi korban sendiri, selama persidangan memang tidak menyadari bahwa Luxio tertabrak. Saksi korban hanya merasakan dorongan secara tiba-tiba dan melaju lebih cepat dan berhenti di pool Jasa Marga yang jaraknya 100 meter dari lokasi.

HH: Ada perbedaan dari Saudara dengan keterangan supir Luxio itu. Di keterangan Saudara dalam BAP polisi tidak ada yang mengatakan kalau Saudara bilang ada mobil dari belakang sehingga ada benturan?

R: Yang saya rasakan dan alami dari arah kiri, mobil menyalip ke kanan. Saya berusaha menghindar lalu terjadi benturan. Logikanya kalau dari kiri, mobil korban pasti ada kerusakan di bagian tengah bukan kanan sama kanan.

HH: Saat itu Saudara melihat kendaraan Luxio?

R: Saya melihat ada mobil tapi tidak memperhatikan di belakang karena banyak mobil.

HH: Jadi ada beberapa mobil itu alasan tidak memperhatikan apa ada mobil jenis lain ?

R: Saat itu saya tidak mempehatikan jenis mobil

HH: Saat itu ada lihat mobil jenis Luxio tidak jelas?

R: Saya tidak perhatikan

HH: Kemudian Anda tidak melihat ada mobil. Kapan saat Anda memperhatikan ada mobil?

R: Saat airbag kempes, saya baru lihat mobil Avanza

HH: Jadi pada saat memperhatikan kaca mobil di depan?

R: Setelah keluar saya baru lihat

HH: Saudara melihat Luxio di pool derek dalam pintu terbuka ?

R: Sudah tertutup


(nwk/gah)

[URL="http://news.detik..com/read/2013/02/28/194644/2182707/10/rasyid-nyatakan-luxio-nyalip-tiba-tiba-potong-jalur-bmw-miliknya?nd772204btr"]sumbernya[/URL]

emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
0
16.8K
355
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.