Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

guitarsellerAvatar border
TS
guitarseller
Manfaat Kayu Siwak
Bismillahirrahmanirrahim
Permisi agan and sista, numpang share nih
kebetulan ini thread pertama ane dan semoga aja gak emoticon-Blue Repost

langsung aja ya gan

Siwak atau miswak(Arab:سواك) adalah dahan atau akar pohon yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Semua dahan atau akar pohon apa saja boleh digunakan untuk bersiwak asalkan lembut, sehingga batang atau akar kayu yang keras tidak boleh digunakan untuk bersiwak karena bisa merusak gusi dan email gigi; bisa membersihkan dan berserat serta bersifat basah, sehingga akar atau batang yang tidak ada seratnya tidak bisa digunakan untuk bersiwak; seratnya tersebut tidak berjatuhan ketika digunakan untuk bersiwak sehingga bisa mengotori mulut.

Kayu Siwak (Salvadora Persica) telah digunakan sejak berabad-abad lalu, terutama oleh bangsa Arab kuno yang hingga sekarang. Faktor sosial dan agama menjadi pendorong utama penggunaan kayu siwak terutama bagi masyarakat muslim. Hukum bersiwak adalah sunnah muakkadah, atau sunnah yang sangat dianjurkan oleh baginda Rasulullah SAW. Disunnahkan dalam tiga keadaan: pertama, ketika berubah bau mulut karena diam lama (tidak makan) atau karena hal lainnya; kedua, ketika bangun tidur; dan ketiga, ketika akan melakukan shalat.
Manfaat dari bersiwak sendiri antara lain, membersihkan mulut, mendapat ridha Tuhan, memutihkan gigi, mengharumkan mulut, meluruskan tulang punggung, menguatkan gusi, memperlambat tumbuhnya uban, membersihkan badan, menambah kecerdasan, melipatgandakan pahala, mempermudah keluarnya ruh, menyebabkan ingat bacaan syahadat ketika menghadapi kematian, menyebabkan kelapangan rizqi dan kecukupan, melancarkan rizqi, memperbaiki kesehatan mulut, menghilangkan kotoran dan lendir di tenggorokan, menguatkan gigi, menambah kebaikan, menyenangkan malaikat dan mereka akan mau bersalaman karena tertarik pada cahaya mukanya (muka orang yang bersiwak), menghilangkan penyakit kusta. Diriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, ”Bersiwak itu membersihkan mulut dan membuat Tuhan ridha (senang).” (HR Al-Baihaqi dan An-Nasai).

bonus nih gan
Spoiler for :

Sekian info dari ane gan, semoga bermanfaat
budayakan selalu
Spoiler for :

ane sangat mengharapkanemoticon-Blue Guy Cendol (L)dari agan dan tidak mengharapemoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh guitarseller 13-01-2013 00:10
0
4.2K
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.