Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

putu1805Avatar border
TS
putu1805
[Tips dan trik] Buat agan agan yang suka Hunting Photo rame rame
1. Respect the other.

Ini adalah Tips pertama dan yang paling utama jika mengikuti kegiatan Hunting Photo, biasanya kondisi ideal perbandingan jumlah Fotografer dan Model dalam kegiatan Hunting Photo adalah 1 : 5, artinya satu orang model akan dipotret oleh 5 orang fotografer. Namun kondisi ideal ini seringkali tidak terjadi pada saat Hunting Photo untuk kegiatan amal atau sejenis nya yang diikuti oleh banyak peserta. Oleh karena itu kita harus "Respect The Other", dalam artian Respect pada Fotografer lain, Respect pada si Model dan Respect pada Panitia acara.

Jadi jangan marah kalo lagi asik asiknya membidik model tiba tiba muncul fotografer lain yang melintas dibalakang si model atau malah ada tampilan "kepala" fotografer lain didepan lensa... hehehe.. musti sabar dan kalau memang mau ngomong, tegurlah dengan bahasa yang sopan. Karena setiap orang saat itu tentunya ingin mengambil sudut yang terbagus ditengah ramenya Fotografer lain.

2. Bawa perlengkapan secukupnya

Nah ini dia yang sering kejadian, si Fotografer nya bawa perlengkapan sangat banyak mulai dari berbagai jenis lensa, sampai bawa beberapa Body kamera, belum lagi equipment lain seperti tripod, lightstand, flash sampai Softbox... Hunting Photo tidak sama kondisinya dengan pemotretan yang dilakukan dengan satu model dan satu Fotografer, jika anda meletakkan lightstand di kiri kanan model mungkin anda akan mengganggu sudut pandang dan framing dari peserta lain dan membawa perlengkapan yang berlebihan tentunya akan merepotkan sekali, karena ruang gerak yang bisanya sangat sempit dan kerepotan serta resiko lain saat pengawasan terhadap gear menjadi berkurang.

3. Bawa lensa dengan bukaan diafragma terbesar.

Kalau kondisi Hunting Photo dengan jumlah peserta yang cukup banyak, tentunya kita tidak bisa sesuka nya mengatur lighting dan pose model. Oleh karena itu dibutuhkan kecepatan dan ketepatan saat mengambil foto sang model. Untuk pencahayaan bisa diakali dengan mengetahui posisi cahaya yang ada saat itu (available light) seperti cahaya matahari, atau lampu kalau ada dan memaksimalkannya. Dengan bukaan diagfragma yang cukup besar seperti F1,4 atau F1,8 tentunya akan lebih mendapatkan speed yang tinggi dan bokeh yang bagus.

Sebenarnya bokeh dalam hal ini bukan suatu patokan nilai bagus tidak nya sebuah foto, namun dalam kondisi Hunting Photo yang pesertanya cukup banyak, bokeh akan sangat berguna memisahkan POI yaitu sang model dengan latar belakang dengan membuat latar menjadi lebih blur... karena dengan background yang cukup blur akan meminimalisir adanya gangguan pada latar belakang seperti ada nya peserta lain yang tak sengaja masuk frame dan lainnya.

4. Gunakan Lensa Zoom

Hal ini saya perhatikan banyak terjadi pada beberapa rekan Fotografer, karena ingin mendapatkan bokeh yang bagus dan ketajaman yang baik, sering dibawa Lensa Fix untuk Hunting. Namun saat hunting rata rata mengeluh karena gak bisa melakukan komposisi yang bagus dan kalau maju terlalu dekat ke model merasa gak enak karena menutupi sudut pandang rekan Fotografer yang lain... serba salah ya emoticon-Smilie oleh karena itu gunakanlah lensa zoom.

Sumber : http://dslr-ku.blogspot.com/2013/02/...rame-rame.html

Jika berguna buat agan sekalian, dimonggo cendol nya ya...
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
1.3K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.