Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

paregregAvatar border
TS
paregreg
[GO GREEN} JOGJA REPUBLIK SEPEDA
YOGYA (KRjogja.com) - Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Roy Suryo, bersama dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Rektor UGM, Prof. Pratikno menandatangani prasasti komitmen bersama menuju Yogyakarta Republik Sepeda melalui gerakan daulat bersepeda. Penandatanganan dilakukan di Pagelaran Kraton Yogyakarta, Sabtu (16/2) pagi, usai acara bersepeda dari UGM ke Kraton.

Dalam sambutannya, Roy Suryo menuturkan, gerakan bersepeda bersama dari UGM ke Kraton tersebut juga merupakan bentuk menggali kembali sejarah UGM dan bagaimana republik sepeda tercipta.

"Pada 17 Februari 1946 atau 67 tahun lalu, Ki Hajar Dewantara membentuk badan perguruan tinggi di Pagelaran Kraton ini. Tempat ini sekaligus merupakan cikal bakal UGM," ujarnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan, pencanangan republik sepeda ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat Yogyakarta untuk bisa lebih sehat dan mengurangi polusi.

"Yogyakarta memang punya problem kepadatan lalu lintas, kalau pakai sepeda pun sekarang harus pakai masker. Tetapi diharapkan peristiwa ini bisa sekaligus menjadi kenangan bersama," kata Sultan.

Rektor UGM, Prof. Pratikno menambahkan, selain sebagai bentuk mengenang kembali jalur UGM ke Kraton, kegiatan ini diharapkan dapat mengaktifkan kembali kegiatan bersepeda masyarakat. "Melalui kegiatan di lingkungan UGM, diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi Indonesia untuk hidup sehat dengan bersepeda," tandasnya. (Aie)


[GO GREEN} JOGJA REPUBLIK SEPEDA
[GO GREEN} JOGJA REPUBLIK SEPEDA

gimana tanggapan ente?
tahun 80-90an awal masih banyak loh sepedaan di jogja.
seiring murahnya kredit kendaraan bermotor, mulai hilang dah sepeda emoticon-Frown
semoga ini jadi awal kembalinya jogja jadi kota sepedah emoticon-Selamat
0
2.1K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.