Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ubudblendingAvatar border
TS
ubudblending
Ini Dia Masjid Hasil Saweran 7 Ribu Hakim Seharga Rp 12 M
Ini Dia Masjid Hasil Saweran 7 Ribu Hakim Seharga Rp 12 M

Jakarta Sebuah bangunan artistik mencuri perhatian pengunjung Mahkamah Agung (MA). Jika gedung MA terkesan berwibawa, maka bangunan di sudut bagian belakang menampilkan keteduhan. Gedung tersebut adalah Masjid Al-Mahkamah atau biasa disebut Masjid MA.

Di balik kemegahan bangunan, juga menyimpan cerita unik karena pendaanaan gedung ini hasil saweran dari 7 ribu hakim yang ada di seluruh Indonesia.

"Ya, memang masjid itu dibangun dari patungan 7 ribu hakim se-Indonesia," kata Kabiro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur kepada detikcom di gedung MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jum'at (9/8/2012).

Masjid yang terdiri dari 2 lantai ini didominasi warna krem dan putih. Lantai pertama dikhususkan untuk jamaah laki-laki dan lantai dua untuk jamaah perempuan.

Di setiap sisi tangga masjid terdapat besi berukir model Jepara bermotif bunga. Dinding yang sebagian besar dicat warna putih juga dibuat ukiran bermotif matahari. Kaligrafi warna emas menghiasi dinding.

Saat pertama kali memasuki Masjid MA, akan terlihat pintu masuk gerbang dengan tiang penyangga bermotif hitam putih yang melingkar dari atas ke bawah. Karpet masjid berwarna merah yang difungsikan sebagai sajadah siap menyambut siapapun yang ingin salat dan atau hanya sekadar beristirahat.

Sebuah lampu kristal berukuran besar menggantung di tengah kubah bagian dalam. Masjid yang menelan biaya lebih dari Rp 12 miliar ini bisa menampung 1.000 jamaah lebih.

Siang ini, sejumlah pegawai setelah salat Jumat tampak memilih beristirahat sejenak di dalam masjid. "Masjidnya nyaman, adem dan membikin salat menjadi lebih khusyuk," tutur seorang pengunjung, Amah (31).


sumber : [url]http://news.detik..com/read/2012/08/10/135959/1988320/10/ini-dia-masjid-hasil-saweran-7-ribu-hakim-seharga-rp-12-m?991101mainnews[/url]
0
2.2K
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.