Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

emogothkidzAvatar border
TS
emogothkidz
Tips Membuka Pintu Mobil Lewat Celah Kaca
Kejadian yang semalam saya alami benar-benar jadi pengalaman, makanya saya ingin berbagi dengan semuanya disini.

Kejadiaannya saat saya turun dari mobil untuk membeli sesuatu (jagung rebus) sekitar pukul 8 mlm Karena hujan dan agak tergesa maka mobil saya tinggal dalam keadaan terkunci seperi biasa.

Yang tidak biasa karena sewaktu mau pulang ternyata kunci mobil tidak ada. Saya dibantu pemilik warung mencari-cari di meja, kursi sampai ke lantai dengan bantuan senter sebagai penerang. Kebetulan saat itu, seperti biasa, listrik sedang padam.

Cek per cek ternyata kunci tertinggal di dalam mobil dengan kondisi tape/audio mobil menyala, pintu terkunci semua (central lock) dan seluruh jendela tertutup rapat tanpa celah.


Nah ini bagaian yang ditunggu-tunggu pastinya yakni cara membuka pintu mobil dalam keadaan kunci tertinggal di dalam. Malam itu saya dibantu oleh Bapak pemilik warung, kemudian Bapak supir angkot, lalu 5 orang pemuda yang sangat berdedikasi untuk membantu ikut berjibaku sambil menelpon kenalannya yang kebetulan punya bengkel.

Padahal kelima pemuda tadi dalam perjalanan menuju Palopo untuk ikut kejuaraan/lomba perahu tradisional, konon mereka diundang sebagai juara bertahan. Semoga dapat mempertahankan prestasinya juga di kejuaraan kali ini.

Selanjutnya saya juga dibantu oleh 6 orang yang kebetulan singgah untuk makan jagung dan mobilnya sama. Terakhir saya dibantu oleh adik ipar yang memang saya minta untuk datang setelah lebih 2 jam usaha tidak membuahkan hasil.

Beberapa upaya yang sudah dilakukan, tentunya dengan membuka karet penutup/sekat antara kaca dengan body, antara lain menekan-nekan (dicolok) dengan mistar pada pintu depan. Setelah gagal maka dibuat pengait dari kawat untuk menarik ‘sesuatu’ dari dalam sana.

Namun kedua upaya itu ternyata belum membuahkan hasil. Meskipun telah dicoba hampir dua jam oleh beberapa orang di pintu depan kedua sisi, kanan dan kiri.

Terakhir kami mencoba untuk membuka sekat pintu kanan belakang sesuai arahan bengkel yang di telpon tadi. Saat di sorot dengan lampu senter terlihat besi yang terkait ke plastik warna putih seperti pengait kunci. Maka dengan menggunakan kawat/besi pengait plastik tadi kami tarik dan viola, Alhamdulillah, pintu bisa terbuka.

Praktis hanya butuh waktu kurang dari lima menit, dengan cara yang benar ternyata sangat mudah membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam.

Kejadian tersebut menyisakan beberapa PR (Pekerjaan Rumah) seperti lepasnya pengait kunci, lepasnya per/pegas dari dudukannya keduanya terletak di dalam body pintu. Serta cacatnya plastik pelapis/sekat kaca yang telah dibuka.

Beberapa hal yang bisa saya garis bawahi dan bisa dijadikan pelajaran, ingat ini prioritas untuk Avanza/Xenia;
1. Prioritas, karena paling mudah, adalah membuka pintu kanan belakang (belakang supir).
2. Buka/tarik keseluruhan karet/klep penyekat antara kaca dengan body. Jangan sampai terlipat karena akan rusak.
3. Gunakan kawat/besi kecil yang ujungnya dibengkokkan sebagai pengait pengait. Panjang minimal sekitar 20cm.
4. Lihat dibawah tombol pengait kunci (door lock) ada plasatik (biasanya putih) yang menghubungkan besi dari pengait tadi dengan kunci di sisi pintu.
5. Tarik keatas pengait tadi, ingat ini sangat mudah dan ringan, dan jangan dipaksakan. Kalau keras berarti Anda salah tarik
6. Aha Aureka!

Pelajaran yang bisa diambil;
- Jangan tergesa-gesa meninggalkan mobil, lupa dikunci bisa kecurian tapi tertinggal kunci didalam juga repot
- Buat kunci duplikat dan simpan ditempat rahasia yang bisa kita jangkau. Misalnya di body mobil itu sendiri (ingat rahasia dan benar² tersembunyi) kalau tidak ingin diketahui orang lain.
- Pengetahuan yang cukup sebelum bertindak sangat bermanfaat untuk menghindari kerugian waktu maupun kerusakan.
- Selama di perjalanan usahakan HP/BB memiliki battery/power yang cukup agar kita bisa minta bantuan termasuk browsing internet dan bertanya ke Om Google.

Saat kejadian kebetulan battery BlackBerry sedang low sehingga saya tidak bisa bertanya ke Om Google seperti kebiasaan lama

Semoga bermanfaat bagi Agankarena pengalaman memang guru yang baik dan efektif

thx bwt yg udah cendolin ane emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
30.7K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.