Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rancuieAvatar border
TS
rancuie
Gemilang Tahun 90'an mainan dan barang koleksi...
Permisi agan-agan sekalian, ane disini mau ajak agan sekalian nostalgia ke era 90'an emoticon-Kiss

MAINAN

Tazos


Ini adalah mainan yang pertama kali muncul di benak gue kalo ngomongin mainan di tahun 90an. Tazos adalah sejenis puzzle piece yang memiliki bentuk bulat dan terakhir segi enam. Di setiap sisinya ada sambungan buat nyambungan ke pieces yang lain. Tazos didapetin dari chiki balls produk indoput.

Dulu ada lomba kreasi Tazos, ada yang bisa bentuk jadi rumah, gedung, karakter robot sampe binatang. Kalo gue yang daya kreatipitasnya sangat amat memprihatinkan, hanya bisa menjadiakn Tazos sebagai barang taruhan. Gue dan temen-temen yang memiliki level kreatipitas yang sama memiliki permainan khusus. Jadi si keping-keping tazos itu ditumpuk terus di timpuk pake satu keping tazos ampe tumpukanya roboh. Jumlah tumpukan yang roboh akan menjadi milik si penimpuk.

Dulu sempet ada lomba ngerakit tazos jadi bentuk-bentuk yang rumit

Orang-orangan Kertas


Anak-anak perempuan tahun 90an pasti pernah mengalami masa-masa di mana menjadikan boneka kertas sebagai media untuk memanggil roh jahat, ooops itu mah jailangkung ya. Hahahha. Ok ok kembali fokus pada urusan duniawi, kita tinggalkan kehilafan okultisme. Orang-orangan kertas atau bete adalah media anak-anak perempuan tahun 90an unyuk mengasah nalurinya menjadi ibu-ibu rumpi, tukan shopping dan fashion stylist.

Satu set orang-orangan kertas terdiri dari dua atau tiga boneka kertas, beberapa baju, aksesoris dan sepatu. Baju, aksesoris dan sepatu tersebut dapat dikaitkan di boneka kertasnya.

Gue membeli orang-orangan kertas di tukang mainan pikulan yang juga menjual agar-agar kaca yang konon katanya dari air mentah. Tapi sampai saat ini gue baik-baik saja emoticon-Big Grin

Sebelum ada sinteron anak-anak yang kedewasa-dewasaan, anak-anak perempuan tahun 90an sudah lebih dahulu melakukanya. Melalui boneka-boneka kertas itu (ah Ga, lo suka hina-hina anak zaman sekarang yang ketu, tapi lo sendiri di masa lalu kayak begitu)

Modal untuk jadi fashion stylist

Gameboy Tetris “Bego Lo”



Gameboy atau gamewatch atau gembot menjadi gadget canggih pada era 90an, saat itu belum ada PSP, GameBoy buatan Nintendo yang berisikan game tiga dimensi ataupun manuk nesu yang diinstal di android. Tapi saat itu, anak-anak sudah puas dengan yang namanya Tetris. Tetris, permainan menyusun bentuk-bentuk geometris yntuk dijadikan bangunan yang gak boleh membentur layar atas. Bentuk-bentuknya terdiri dari kotak-kotak kecil dan warnanya masih monochrom.

Waktu gue kelas empat SD ada Tetris yang ngeluarin suara ngeselin kalo kena game over. Sangat sarkas. Kalo jaman sekarang mungkin udah diaduin ke YLKI atau gak Komnas Anak. Jenis tetris ini ngeluarin kata-kata: Bego Lo dengan suara mirip chipmunk.

Yang nggak mampu beli Tetris, biasanya nyewa sama abang-abang penjual mainan yang ekspansi bisnis ke penyewaan gameboy. Cirinya terdapat sulur-sulur kabel yang menghubungkan gameboy dengan aki. Kalo diliat dari jauh kayak kumpulan anak-anak yang ngiderin pusat pemujaan. Hahahaha.

Otak gue cuman bisa nyampe level 9, bokap bisa sampe level 12

Tamagotchi



Era sayang binatang virtual dimulai melalui konsol game ini. Era anak-anak mulai individualistis gak peduli sama orang sekitar disebabkan oleh permainan dari Jepang ini. Meskipun ntu binatang cuman gambar berformat grafis sederhana yang terdiri dari titik-titik kecil, tapi semua orang yang punya (termasuk gue) menjadi lebih peduli dengan hewan boongan ini. Kalo si piaraan sakit kita bisa sedih, kalo piaraan minta diajak main kita ampe ngelupain janji main sama manusia beneran….

Untung aja gue beli tamagotchi yang abal, jadinya gak awet dan memutuskan untuk miara marmut atau nggak kelinci yang punya nyawa beneran.

Now: Bocah-bocah nunduk dengan I Pad atau androidnya
Yesterday: Bocah-bocah nunduk buat ngasih makan binatang imajiner

Inline Skate



Sepatu roda yang mengadaptasi sepatu buat ice sakating ini sempet ngebooming di akhir-akhir 90an. Lebih mudah dikendalikan daripada sepatu roda yang beredar di era 70-80an. Karena rodanya segaris bukan dalam bentuk dua baris.

Bunyi roda Inline Skate cukup semarak di RW tempat gue tinggal, selain semarak sama suara roda, suara jeritan saat jatuh juga gak kalah ramenya, hihihi. Apalagi yang dirinya gak dilengkapi oleh helm, penahan dengkul dan pelindung siku.

Sampai ada sinetron Olga Sepatu Roda, gara-gara mainan yang satu ini

Benda Koleksi

Kertas Surat dan kertas file



Kertas surat dan kertas file masih menjadi kertas berharga di dekade 90an, apalagi kao wangi dan gambarnya lucu. Gue masih ngerasain lho, ngirim surat pake kertas surat ke sahabat pena gue yang alamatnya gue temuin dari LKS. Hahahha. Tapi kagak dibales, mungkin gue dianggep stalker kali ye. Coba zaman sekarang, zamanya sms, BBM, whats up, twitter mana ada yang ngirim surat pake kertas surat.

Dulu waktu SD gue termasuk ratunya kertas file, gue hampir setiap hari beli kertas file di toko alat tulis. Dari yang designya simple sampai ada yang puisi produk harvestnya. Tak boleh segaris tintapun mengotori kertas-kertas file gue itu. Selain menambah koleksi dari membeli terkadang sodara-sodara juga mendonasikan. Menukar kertas koleksi dengan teman juga bisa jadi salah satu cara mengupgrade koleksian. Ngomong-ngommong kertas surat sama kertas file masih diproduksi gak ya?

Jadi bertanya itu kertas-kertas file gue pada kemana ya? hah dasar kolektor tidak bertanggung jawab :P

Koleksi kartu hologram Sailormoon



Kartu hologram sailormoon keluar ke pasaran berbarengan dengan serial sailormoon (94-95an), dulu sempet punya beberapa albun kartu sailormoon, dan entah di mana sekarang artefak-artefak itu. Mungkin kalau gue sayang sama barang-barang koleksi gue itu, gue bisa kaya dengan menjual barang koleksi yang sekarang sudah dianggap koleksi langka.

Kartu hologram ada juga yang bentuknya stiker, sehingga bisa ditempel. Kalo yang harganya agak murah, biasanya gue tempel di lemari atau nggak pintu emoticon-Smilie

Favorit gue dulu Sailor Venus



Koleksi bulu kemoceng



Ini adalah koleksi paling absurd

Karena gue dan temen-temen yang melakukan hoby yang sama, beranggapan bahwa bulu bisa numbuh dan beranak kalo diperem di serpihan rautan pensil. Naronya di tengah buku kalo nggak di dalem tempat pensil kaleng. Hahahah, ih ngapa gue dulu sebodoh itu yak.

Ada yang bisa jelasin kenapa dulu ada trend miara bulu kemoceng?
Dulu di setiap buku ane ada bulu kemocengnya dan berharap beranak pinak hahahaa emoticon-Ngakak

Gimana dengan agan yg lain boleh kalli ya yang suka kirim emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Terima kasihhh emoticon-I Love Kaskus (S)
nona212
nona212 memberi reputasi
1
8K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.