Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

emperasankoAvatar border
TS
emperasanko
|PKS Kompak| Mensos Kecam 8 Rumah Sakit Penolak Dera, Igo Ilham: Jokowi Stop Blusukan
Mensos Kecam 8 Rumah Sakit yang Tolak Dera
Fahmi Firdaus - Okezone
Senin, 18 Februari 2013 13:07 wib wib


JAKARTA - Bayi Dera Nur Anggraini, yang meninggal lantaran telat mendapatkan penanganan medis karena ditolak oleh delapan rumah sakit membuat Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufrimiris.

Salim mengecam tindakan rumah sakit yang menolak untuk perawatan bayi Dera. "Tidak ada alasan sebenarnya untuk ditolak. Harusnya diterima dulu," kata Salim di Jakarta, Senin (18/2/2013).

Seharusnya menurut Salim, pihak rumah sakit harus mengutamakan kondisi kesehatan Dera. Setidaknya, jika tidak ada kamar, dokter atau perawat dapat memeriksa kondisi Dera terlebih dahulu.

"Seharusnya diletakan dipojokan dulu atau bagaimana. Dari segi medis harus diselamatkan dulu, saya tidak paham dengan tindakan seperti itu. Apalagi sampai sepuluh rumah sakit seseorang yang miskin dan ditolak," sesal Salim.

Politikus PKS ini juga meminta Pemprov DKI bertindak tegas dan memberi sanksi jika ada rumah sakit yang kembali menolak pasien miskin.

"Daerah yang harus bertindak tegas, dalam hal ini dari DKI Jakarta," tegasnya.

Sebelumnya, Dera sempat dibawa ke Fatmawati, RSCM, Harapan Kita, Tria Dipa, Asri, Budi Asih, Harapan Bunda dan terakhir RSPP. Namun dari semuya rumah sakit tersebut semua jawabannya sama yaitu ruangan penuh dan peralatannya tidak memadai.

Code:
hxxp://jakarta.okezone.com/read/2013/02/18/500/763390/mensos-kecam-8-rumah-sakit-yang-tolak-dera


Senin, 18 Februari 2013 , 15:41:00
Jokowi Diminta Berhenti Blusukan
DPRD: Pemprov DKI Harus Benahi Sistem Pelayanan Kesehatan



JAKARTA - Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Igo Ilhammenilai bahwa kasus meninggalnya bayi Dera Nur Anggraini menunjukan buruknya sistem pelayanan kesehatan di ibu kota. Igo mendesak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk segera membenahi sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Politisi dari PKS itu meminta gubernur untuk menghentikan kegiatan blusukannya dan mulai merancang sistem yang mumpuni. "Berawal dari sistem dulu, itu yang harus diperbaiki, gubernur jangan keliling keliling melulu sama omong-omong. Mana sistem yang diperbaiki," tegas Igo saat ditemui di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (18/2).

Menurut Igo, pertama-tama Pemprov DKI harus melakukan pendataan warga tidak mampu terlebih dahulu. Setelah itu data warga miskin tinggal diintegrasikan dengan sejumlah rumah sakit yang melayani fasilitas Kartu Jakarta Sehat (KJS).

Igo menilai, selama ini sistem manajemen kesehatan belum berpihak kepada warga miskin. Ia berharap perbaikan sistem ini bisa segera dilakukan oleh pemerintahan Jokowi.

"Kalau masalah biaya kan sudah ada anggaran APBD, yang dulu diganti judul jadi KJS. Cuma sekarang yang penting, ini sistem harus berjalan efektif. Kalau keliling-keliling (Jokowi blusukan-red) doang nggak menghasilkan sistem percuma," tandasnya.

Lemahnya sistem manajemen kesehatan publik di Jakarta menjadi sorotan setelah insiden meninggalnya seorang bayi bernama Dera Nur Anggraini pada Sabtu (16/2) kemarin. Dera meninggal akibat gangguan pernafasan di RS Zahira, Jagakarsa.

Sebelum meninggal, RS Zahira telah merujuk pengobatan Dera ke RS yang fasilitas kesehatannya lebih memadai. Oleh orang tuanya, Dera sempat dibawa ke delapan rumah sakit, di antaranya RS Fatmawati, RSCM, RS Harapan Kita, RS Pasar Rebo, Budi Asih dan RSPP (Pertamina). Tetapi, ke delapan RS tersebut menolak dengan alasan ruangan sedang penuh dan peralatannya tidak memadai.

Code:
hxxp://www.jpnn.com/read/2013/02/18/158974/Jokowi-Diminta-Berhenti-Blusukan-


emoticon-CoolKompak banget PKS, dari Salim Segaf (Mensos dari PKS) dan Igo Ilham (Anggota DPRD dari PKS) melakukan combo terhadap musibah bayi Dera. Bahkan sampai medianya PKS Piyungan ikut2an.

Carimuka ala PKS di tengah kasus suap daging sapi impor jor2an nih.

Diubah oleh emperasanko 21-02-2013 02:56
0
16.5K
240
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.