Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

brobsAvatar border
TS
brobs
(TANYA) Masalah bangunan tetangga
Selamat Malam Agan2 yang mengerti hukum,
Saya mau bertanya masalah bangunan tetangga yang menurut saya menyalahi aturan. Ada 2 kasus saat ini yang saya alami :
1. saat ini kami tinggal di sebuah kompleks perumahan selama 2 tahun. 6 bulan lalu ada tetangga menempati rumah di sebelah kanan rumah kami, kemudian mereka merenovasi rumah mereka. Tanpa kenalan,tanpa ijin seenaknya mereka menggunakan lahan kami sebagai tiang penyangga bekesting. saya sebenarnya tidak masalah asal minta ijin dulu, lalu saya tegur tukangnya mengenai masalah itu, alasanya dia tidak pernah melihat saya. Sampai disini saya masih toleran. kemudian sang tetangga membuat jendela yang menempel di pagar, saya tegur tukangnya,kalo itu tidak boleh karena kalo di buka pasti melewati batas tanah, sang tukang bilang kalo tiu tidak akan dibuka, nyatanya hari ini saya lihat jendela dibuka dan melewati batas.
pertanyaan saya adakah pasal yang sesuai mengenai pelanggaran bangunan mereka dan bolehkah saya membangun pagar di tanah saya sendiri yang nantinya menutup jendela mereka?

2. Kasus kedua adalah rumah orangtua saya, dimana tetangga di rumah belakang memangun rumah tingkat dimana atapnya mengarah ke belakang bangunan rumah ortu saya, sehingga air masuk ke dalam dapur dan lantai basah semua. kami sudah tegur baik2 agar diberi talang namun tidak di tanggapi. pertanyaan saya, adakah pasal yang dilanggar oleh tetangga, dan bagaimana cara penyelesaian yang baik bila mereka tak menanggapi?

terima kasih...
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
6.9K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Melek Hukum
Melek Hukum
7.6KThread2.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.