Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zetaaaAvatar border
TS
zetaaa
Sangalaki : Surga Bawah Laut di Kepulauan Derawan
Quote:


Sangalaki : Surga Bawah Laut di Kepulauan Derawan

Bagi Anda yang suka menyelam, keindahan dan keanekaragaman flora dan fauna di sekitar Pulau Sangalaki akan menarik Anda untuk datang lagi dan lagi. Pulau ini terletak di Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur.
Sebuah Pulau yang sangat baik untuk menyelam dan snorkeling, bahkan setara bersama dengan Raja Ampat di Provinsi Papua.
Rasakan sapaan hembusan angin, air laut yang bersih, pasir lembut, matahari yang hangat, gelombang yang indah, pohon kelapa, dan sore hari indah akan melengkapi kegembiraan kunjungan dan menyelam Anda.

Sangalaki : Surga Bawah Laut di Kepulauan Derawan

Pemandangan bawah laut Sangalaki akan memabukkan hati setiap orang yang melihatnya. Pari manta, barracudas, pari, cumi-cumi raksasa, dan bintang laut lainnya hanya sebagian dari penghuni surga bawah laut Sangalaki.
Pari Manta adalah hewan yang sangat langka, banyak wisatawan datang ke Sangalaki hanya untuk melihat hewan yang sangat unik ini. Hewan tropis ini terlihat seperti ikan pari, tapi uniknya kedua kumisnya bekerja sebagai sayap.

Titik menyelam yang populer di wilayah ini mencakup antara lain Channel Entrance, Coral Gardens, Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta Avenue, Ridge, Light house, dan The Rockies. Sangalaki juga dikenal sebagai pulau dimana penyu bertelur. Anda bisa melihat proses unik selama musim kimpoi dengan lebih dekat.

Sangalaki : Surga Bawah Laut di Kepulauan Derawan

Sangalaki : Surga Bawah Laut di Kepulauan Derawan

Tidak seperti lokasi menyelam lainnya, pengelolaan Pulau Sangalaki menjaga ketat pelestarian alam pulau ini yang terletak diantara Kalimantan Timur dan Sulawesi. Sebagai contoh, pada malam hari ketika Anda tidak memerlukan listrik, pihak berwenang akan mematikan listrikdi pulau ini. Dengan demikian, pulau ini sangat tenang dan merupakan tempat favorit bagi Anda yang suka tinggal jauh dari kesibukan dan kebisingan kota.

Pulau derawan adalah surga tropis yang sempurna. Suasana di sini hangat dengan pemandangan pasir pantai putih halus, pohon palem yang melambai-lambai, laut murni yang berubah warna dari hijau ke biru gelap. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, Anda akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung dan barakuda, ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan di sini merupakan salah satu keragaman hayati di dunia. Tak heran, pulau Derawan dikenal sebagai tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.

Sangalaki : Surga Bawah Laut di Kepulauan Derawan

Terletak tak jauh dari daratan Kalimantan Timur di Kabupaten Berau, kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau dan yang paling terkenal di antaranya adalah Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Di sinilah tempat bersarangnya kura-kura hijau langka dan berbahaya, juga penyu sisik. Anda dapat menyaksikan setiap hari penyu bertelur di pasir atau berenang ke laut bersama kura-kura. Seluruh wilayah konservasi laut ini luasnya tidak kurang dari 1,27 juta hektar.

Sangalaki : Surga Bawah Laut di Kepulauan Derawan

Disinilah Anda dapat menemukan 460 jenis karang dan menempati posisi kedua setelah Raja Ampat di Papua Barat. Pengurus tempat konserfasi dan tim ahli internasional juga menemukan lebih dari 870 jenis ikan di sini, mulai dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa. Dalam beberapa hari, sekelompok pari manta ini dalam jumlah yang banyak sekitar 50 ekor terlihat makan bersama di perairan Derawan.
Kepulauan Derawan memiliki sejumlah besar spesies yang unik dan dilindungi, di antaranya adalah kepiting kelapa, ikan paus, lumba-lumba, dan duyung. Kepiting kelapa ditemukan di dekat Pulau Kakaban dan Maratua, sementara paus dan lumba-lumba di bulan-bulan tertentu dapat Anda lihat di sekitar Semama, Sangalaki, Kakaban dan Maratua. Duyung berenang di sekitar Pulau Panjang dan Semama, sementara pari manta ditemukan di sekitar Sangalaki. Kuda laut kerdil ada di sekitar Semama dan Derawan. Spesies yang dilindungi lainnya adalah barakuda.

Total ada 28 titik penyelaman yang ada di sini. Para penyelam butuh setidaknya 10 hari untuk menjelajah semua tempat itu.


Quote:
0
3.7K
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.