Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Z4moraAvatar border
TS
Z4mora
SEJARAH MOTOWN - LABEL REKAMAN BLACK MUSIC AFRO-AMERICA


berawal dari hobi mendengarkan music lawas. kali ini saya akan coba share mengenai sejarah Motown.

mungkin agan masih bingung motown itu apa. saya akan coba beri sedikit clue.
1. Singer - Stevie Wonder??
2. Songs - Sexual Healing??
3. Songs - I Want You Back??

dari clue tersebut sudah tau kan lagu dan penyanyi nya?


langsung aja ke intinya ya gan.
MOTOWN RECORD


Motown Records
didirikan pada tahun 1960 di Amerika, tepatnya di Detroit oleh seorang Berry Gordi dengan modal sebesar $ 800. Sedangkan Tamla Record merupakan label pertama Gordy yang didirikan setahun sebelum Motown Record berdiri (Tamla Record di merger dengan Motown Record)

Motown Record
Kata "MOTOWN" diambil dari dua kata Motor dan Town. mengingat Detroit adalah kota yang indentik dengan kendaraan bermotor, dan Town adalah mengacu kepada detroit, tempat perusahaan kendaraan bermotor Ford berdiri.

Berry Gordi


Motown Record berdiri atas kerja keras seorang Berry Gordy, seorang atlet tinju yang pensiun lalu membuka sebuah toko kaset yang didalamnya tersedia stage untuk jamming. namun usaha tokonya tidak bertahan lama. Tidak habis pikir, Berry Gordy memanfaatkan koneksi keluarganya untuk menemui seorang pemilik Bar Pub Talent Show, dari pertemuan itu Berry Gordy diperkenalkan dengan Jackie Wilson, seorang musisi berbakat.

Dari perkenalannya, Gordy membantu Jackie Wilson membantu membuat lagu-lagu yang terbukti menjadi hits dan disukai banyak orang. Lagu "Lonely Teardrops" menjadi hits dan Jackie Wilson menduduki peringkat 69 sebagai 100 Greatest Artist of All Time versi Rolling Stone.

Berdirinya Motown Record dan kesuksesannya tidak lepas dari senimannya, "Smokey Robinson" untuk menciptakan Label Motown sebagai aspirasi dari musik R&B. Pertemuan Gordy dengan Smokey Robinson dan The Miracles (Grup Musik Smokey Robinson) pada tahun 1957, setelah The Miracles gagal di sebuah audisi salah satu perusahaan rekaman. Namun Gordy sangat terkesan dengan vokal Robinson, dengan bantuan Gordy, The Miracles merilis single pertama mereka "Get a Job", yang menjadi hits.

Motown menjadi label musik pertama di AS yang kepemilikannya dimiliki oleh seorang Afro-Amerika. Motown juga merupakan salah satu label musik yang berperan penting dalam membangkitkan musisi-musisi kulit hitam di AS. Selamat tahun 1960, Motown telah menghasilkan 110 lagu Hits dan melahirkan banyak musisi kulit hitam yang terkenal. Sebutlah seperti The Supremes, Marvin Gaye, The Temptations, Jimmy Ruffin, The Contours, The Four Tops, Gladys Knight & The Pips, The Commodores, The Velvelettes, Martha and The Vandellas, Stevie Wonder dan Jackson 5. Yang menjadi bagian terpenting adalah, semua itu diproduksi di sebuah Studio Rekaman Kecil yang dibeli oleh Gordy pada tahun 1959.

Hitsville U.S.A.


Saat ini, Motown bukan hanya perusahaan yang menghasilkan Hits Musik di dunia, tapi juga sebagai "Cara Berpikir", "Gaya Musik" dan media yang menyatukan putih dan hitam, tua dan muda, terlepas dari ras atau latar belakang sosial.

PERPINDAHAN KE LOS ANGELES
Pada tahun 1967, setelah beberapa kasus sengketa royalti yang menyebabkan beberapa pencipta lagu (trio Holland–Dozier–Holland) meninggalkan Motown. Norman Whitfield menjadi top produser yang membuat hits grup band The Temptations, Marvin Gaye ,Gladys Knight & the Pips, Lionel Richie and the Commodores, Rick James, Teena Marie, the Dazz Band dan DeBarge. Sementara itu Gordy, mendirikan Motown Productions, sebuah acara televisi yang menampilkan artis-artis Motown. Pertunjukkan termasuk Dianna Ross dan Supremes dan Jackson 5 dan acara ini sangat sukses mencakup semua ras dan generasi.

Pada 1969, kegiatan operasional Motown berpindah secara bertahap ke Los Angeles. Dan pada tahun 1972, Motown memindahkan seluruh kegiatan operasinya ke California dalam upaya untuk membangun awal kesuksesan acara televisi Motown Productions dan mulai membuat film yang menampilkan seniman Motown. Dalam semua, Motown menghasilkan banyak film, termasuk film yang sangat sukses "The Wiz" pada tahun 1978.

The Wiz


MOTOWN - 1980 SAMPAI SAAT INI
Pada pertengahan tahun 1980, Motow mulai mengalami kerugian dan Berry Gordy menjual kepemiliikan Motown kepada MCA Records dan Boston Ventures di bulan Juni 1988 dengan harga $61 juta, setelah itu Gordy pun menjual Motown Productions Motown executive Suzanne de Passe, yang berganti nama menjadi de Passe Entertainment dan sampai sekarang masih berjalan.

Kehilangan ini tidak membuat Motown menjadi hilang, tapi Motown terus menciptakkan Hits Musik terkenal pada tahun 1990 yang dinyanyikan oleh Boys II Men, John Gill, Bryan Mcknight dan Erkyah. Banyak seniman besar Motown yang meninggalkan Motown dan banyak juga yang kembali. hanya Stevie Wonder salah satu seniman yang setia, yang tetap tinggal sepanjang karirnya.

Ne-Yo

Pada tahun 2012, musisi R&B terkenal, Ne-Yo mencatatkan dirinya sebagai Vice President baru Motown Record. Ne-Yo memiliki misi tersendiri, untuk mengembalikan label musik Motown ke hari keemasannya.

ARTIS TERKENAL MOTOWN
  • Marvin Gaye (April 2, 1939 – April 1, 1984)

    Gaye merupakan penyanyi terbaik ke 18 "100 Greatest Artists of All Time on the American music magazine, Rolling Stone"
    berikut lagu hits Marvin Gaye : (Silahkan disimak gan)
    Marvin Gaye - Sexual Healing
    [YOUTUBE]



    Marvin Gaye - Let's Get It On
    [YOUTUBE]http://www.youtube.com/watch?v[/youtube]

  • Stevie Wonder (May 13, 1950 as Stevland Hardaway Judkins)

    Penyanyi dan Pencipta lagu, dengan kekurangannya, Stevie Wonder mampu membuka mata dunia atas kemampuan seni dan bakatnya. Mungkin agan udah tau lagu "For Your Love", "Happy Birthday", "Isn't She Lovely" banyak banget lagu Stevie Wonder yang Recommended
    Penghargaan

    Berikut lagu hits dari Stevie Wonder:
    Stevie Wonder - You Are The Sunshine Of My Life
    [YOUTUBE]


    Stevie Wonder - For Your Love
    [YOUTUBE]http://www.youtube.com/watch?v[/youtube]

  • The Supremes

    The Supremes merupakan grup penyanyi wanita yang paling sukses, dan12 single nya masuk ke dalam "Billboard Hot 100". Sebagian besar lagu hitsnya diciptakan oleh trio Holland-Dozier-Holland, puncak kesuksesannya pada pertengahan tahun 1960 yang mampu menyaingi popularitas The Beatles. Di akhir tahun 1966, nama grup dirubah menjadi "Diana Ross & The Supremes".

    Beberapa lagu hits The Supremes:
    The Supremes - You Can't Hurry Love (Dinyanyikan juga oleh Phil Collins)

    [YOUTUBE]


    The Supremes - Stop In The Name of Love

    [YOUTUBE]http://www.youtube.com/watch?v[/youtube]

  • The Temptations

    Merupakan grup vokal yang dikenal kesuksesannya pada tahun 1960 - 1970. The Temptations memiliki pengaruh yang besar pada musik soul sama seperti The Beatles yang memiliki pengaruh pada musik rock dan pop.

    Lagu hits The Tempationsyang di recycle Westlife:
    The Temptions - My Girl
    [youtube]4P1x7Yy9CXI

  • The Jackson 5

    Merupakan vokal grup bersaudara yang berasal dari Gary, Indiana. Anggota The Jackson 5, Jackie, Tito, Jermaine, Marlon, dan Michael Jackson. The Jackson merekam 14 album dan 4 album solo Michael bersama Motown Record.

    Lagu hits The Jackson 5:
    The Jackson 5 - I Want You Back
    [YOUTUBE]http://www.youtube.com/watch?v[/youtube]

    The Jackson 5 - ABC
    [YOUTUBE]





Lagu, Albums terkenal yang dimiliki Motown:

Biggest hits:
"I Heard It Through The Grapevine," "Let's Get It On," "What's Going On," "Mercy Mercy Me (The Ecology)," Marvin Gaye
"I'll Be There," "ABC," "I Want You Back," The Jackson 5
"Baby Love," "Where Did Our Love Go," "You Keep Me Hangin' On," "Love Child," "Someday We'll Be Together," Diana Ross and The Supremes
"Fingertips (Part 2)," "Uptight (Everything's Alright)," "I Was Made To Love Her," Signed, Sealed, Delivered," "Superstition," "Sir Duke," "I Wish," Stevie Wonder
"My Girl," "The Way You Do The Things You Do," "I Can't Get Next To You," "Just My Imagination (Running Away With Me)," The Temptations
"I Can't Help Myself (Sugar Pie, Honey Bunch)," "(Reach Out) I'll Be There," "Bernadette," "Standing In The Shadows Of Love," The Four Tops
"Shop Around," "I Second That Emotion," "Tracks Of My Tears," "Tears Of A Clown," Smokey Robinson and the Miracles
"This Old Heart Of Mine," The Isley Brothers
"Brick House," "Easy," "Three Times A Lady," The Commodores
"Super Freak," "Give It To Me Baby," Rick James



.....sambung lagi besok ya gan..emoticon-Cool
Diubah oleh Z4mora 17-01-2013 11:29
0
2.7K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.