Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

army2007Avatar border
TS
army2007
Memulihkan Bisnis Keluarga yang Sudah Sekarat



Apakah Agan sekarang memiliki bisnis keluarga? Agan memiliki kakek/nenek atau orang tua yang sudah mendirikan usaha dengan susah payah dan akan mewariskannya untuk Agan, tetapi sayangnya keadaan bisnis itu sedang kurang bagus, atau malah memasuki masa kelam dan hampir bangkrut. Semoga tidak demikian. Namun jika betul, jangan cemas. Inilah langkah yang bisa dilakukan untuk segera menggairahkan kembali usaha keluarga yang lesu.

Revitalisasi

Maksudnya agan harus mendefinisikan kembali alasan pendirian dan berjalannya bisnis keluarga itu dengan konteks sekarang. Sering bisnis keluarga adalah bisnis yang sudah berusia lama. Dan banyak usaha keluarga yang kehilangan relevansi dengan masa kini karena prinsip-prinsip mereka dalam menjalankan bisnis juga sudah usang.

Tugas Agan adalah memperbarui semua pondasi bisnis yang ada dan sudah mulai keropos itu. Percuma jika Agan menginginkan modal atau berekspansi atau solusi lain, selama akar masalahnya belum dicabut. Temukan alasan mengapa bisnis itu didirikan, jika memang sudah tidak relevan, perbarui supaya relevan. Setelah itu, baru Agan melangkah ke hal-hal lain.

Institusionalisasi

Terdengar rumit, tetapi intinya Agan perlu membuat pamor dan reputasi serta nama baik yang sudah dipupuk selama ini oleh generasi sebelum kita harus tecermin dalam bisnis keluarga tersebut. Sehingga jika kelak Agan benar-benar sudah memegang kendali, semua pelanggan tidak meninggalkan perusahaan Agan.

Untuk itu, Agan perlu mempelajari nilai-nilai dasar apa saja yang dimiliki generasi sebelumnya sehingga bisnis mereka berjaya di masa lalu. Pertahankan nilai-nilai yang abadi itu dan bawalah ke masa kini untuk diwujudkan dalam perusahaan. Tujuannya agar nama baik dan reputasi itu tak cuma melekat di nama si pendiri atau generasi sebelumnya tetapi juga perusahaan dan mereka semua yang berada di dalamnya serta produk yang dijualnya.


Url : Bintaro Web
Diubah oleh army2007 05-01-2015 02:23
0
1.8K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.