obhieAvatar border
TS
obhie
MALAYSIA KLAIM BUDAYA SUNDA !
MALAYSIA KLAIM BUDAYA SUNDA !

Tidak ada habisnya, negara tetangga serumpun Indonesia, Malaysia kembali mengklaim budaya warisan Indonesia asal tanah sunda-Tasikmalaya-. Kemarin, Menteri Perdagangan Malaysia Datuk Mutmainah mengatakan jika Sandal Kelom adalah budaya khas negeri sembilan (salah satu provinsi di Malaysia). Bahkan dengan sesumbar Beliau mengatakan jika bangsa Indonesia lah yang meniru Sandal Kelom.

Spoiler for Malay:


"Orang Indon lah yang copy kita punya bakyak malaya (sandal kelom-red), bakyak malaya sudah ade dari zaman dahulu lah". Begitulah kutipan percakapan Datuk Mutmainah kepada wartawan lokal di acara Pekan Kreatifiti Kuala Lumpur.

Spoiler for Datuk Mutmainah:


Datuk Mutmainah bahkan berencana untuk mendaftarkan bakyak malaya(sandal kelom) sebagai budaya warisan bangsa Malaysia ke UNESCO. Jika sampai bakyak malaya(sandal kelom) resmi jadi budaya malaysia maka habislah Indonesia, makin banyak saja budaya kita yang berpindah tangan. Bakyak malaya(sandal kelom) banyak diperjual belikan di Malaysia, daerah yang paling terkenal adalah Pasar Chow Kitt, disana bahkan ada satu blok khusus untuk penjual bakyak malaya, banyak sekali wisatawan asing dan lokal yang berbelanja disana. Bakyak malaya(sandal kelom) kini menjadi tren dikalangan remaja wanita di Malaysia, desain yang unik dan nyaman membuat produk ini cepat sekali booming.

Bakyak malaya paling murah dijual seharga RM 70 (Rp. 210.000) dan paling mahal mencapai RM 150 (Rp. 450.000). Rata-rata pedagang disini bisa menjual 50 bakyak malaya(sandal kelom) perharinya.
"Ini bakyak malaya pakcik beli lah dari pengrajut di negri sambilan, ini budaye Malaysia sudah ade dari zaman inggris lah, sekarang Indon saje yang mau ambik budaye kite" tutur Pakcik Mat Dolah pedagang bakyak malaya di Pasar Chow Kitt.

Apa Itu Bakyak Malaya (Sandal Kelom)
Sandal Kelom adalah sendal yang dibuat dari kayu, dulu produk ini terkenal dengan sebutan bakiak. bakiak sendiri banyak diproduksi di daerah Jawa Barat, tepatnya di daerah Tasikmalaya. Bahkan ada beberapa kecamatan di Tasik yang hampir semua warganya memproduksi Sandal Kelom.Bakiak ini sudah lama dipakai bahkan dari jaman penajajhan Belanda, umumnya digunakan oleh warga untuk pergi mengaji, mengambil wudhu atau acara acara pernikahan, dulu desain bakiak sangat sederhana, hanya kayu dengan karet sebagai penjepit kini bakiak tersebut disulap menjadi bakiak modern yang trendy dan nyaman, orang Tasik biasa menyebutnya Sandal Kelom Geulis, Jadi sudah bisa dipastikan bahwa Sandal Kelom adalah murni Budaya Indonesia khas Tasikmalaya.

Spoiler for Proses Pembuatan Kelom:


Spoiler for Proses Pembuatan Kelom:


Sandal kelom yang diproduksi di Tasik sangat variatif, ada lebih dari 1000 desain yang berbeda dengan harga yang variatif juga tentunya. Sandal Kelom didistribusikan ke kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Jogja, Malang, Padang, Palembang bahkan ke mancanegara, salah satuya Malaysia. Menurut Kang Rahmat (pegawai kelomku - produsen kelom terbesar di tasik) produk yang mereka jual sangat terjamin kualitasnya, karena melalui proses penseleksian dan Quality Control yang sangat ketat. karena itu lah sandal kelomku sangat terkenal dan banyak di ekspor ke mancanegara. "kami sering ekspor ke Malaysia, mereka biasa pesan 7000 unit perbulan, harga per pcs paling murah 90 ribu". Kang Rahmat menjelaskan sandal kelom mereka adalah yang termurah dengan kualitas yang sangat bagus. bahkan merek sandal kelomku sudah beberapa kali mendapat penghargaan dan mendapatkan sertifikasi.

Mengikut perkembangan jaman, sendal kelomku kini juga bisa dibeli via online, salah satu penjual kelom yang terkenal adalah Viyodha.Comdengan adanya penjual online sperti ini anda tidak perlu lagi repot repot mencari sendal kelom murah berkualitas ke Tasik.

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

Bantu Rate yah gan, biar Sandal Kelom gak ke klaim sama Malingshit !
Diubah oleh obhie 13-01-2013 08:39
0
11.9K
202
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.