Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cesc.pabrekgasAvatar border
TS
cesc.pabrekgas
[HOT] Harga Daging Sapi Indonesia Termahal Sedunia
[HOT] Harga Daging Sapi Indonesia Termahal Sedunia


Masih hangat berita kasus dugaan suap impor daging sapi oleh LHI, kini masih soal daging sapi notabene harganya mahal banget emoticon-Bingung (S)

Jakarta: Harga daging sapi di Indonesia merupakan yang termahal di dunia. Harga daging sapi di Indonesia saat ini berada di atas Rp80 ribu per kilogram. Sementara harga daging di sejumlah negara atau daging impor berada dikisaran Rp50 ribu per kilogram.

Harga daging di Indonesia yang melambung tahun lalu, masih enggan turun. Sejumlah faktor membuat harga daging sapi Indonesia menjadi yang termahal di dunia.

Rata-rata harga daging sapi di negara tetangga berada pada kisaran Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram. Namun di pasar Indonesia daging bisa mencapai harga di atas Rp80 ribu per kilogram. Ini menjadi fakta in-efisiensi yang tidak bisa dihindari pemerintah.

Pemerintah telah menyepakati kuota impor daging sapi tahun 2013 sebanyak 80 ribu ton. Kuota itu terdiri dari 32 ribu ton impor daging beku dan 48 ribu ton impor sapi bakalan. Sementara kuota yang berkurang menimbulkan celah penyimpangan.

Kementerian Perdagangan berharap kuota daging tetap dijaga. Adapun untuk menurunkan harga daging lokal bukan dengan impor tetapi dengan mengeluarkan stok daging nasional. Sebenarnya stok sapi masih terbilang mencukupi hanya saja mandek di sejumlah titik.(DNI)

Data Bank Dunia: harga daging sapi rata-rata di Indonesia pada bulan Desember 2012 mencapai 9,76 dollar AS, sementara di Malaysia hanya 4,3 dollar AS, Thailand 4,2 dollar AS, Australia 4,2 dollar AS, Jepang 3,9 dollar AS, Jerman 4,3 dollar AS, dan India 7,4 dollar AS.


"Faktanya sudah tiga bulan ini harga daging tak kunjung turun. Jika ini terus dibiarkan, maka mendekati puasa dan Lebaran harga daging bisa menyentuh level Rp 120.000per kilogram. Itu sudah melampaui daya beli masyarakat."
-- Bayu Krisnamurthi (Wakil Menteri Perdagangan)


sumber 1
sumber 2
sumber 3

Quote:
Diubah oleh cesc.pabrekgas 03-02-2013 22:27
0
1.9K
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.