Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LoE_SeiferAvatar border
TS
LoE_Seifer
[ impian para bikers ] Motor Masuk Tol, Akankah Terwujud?
Senin, 4 Februari 2013 13:19:16
NEWS UPDATE!
Minta Motor masuk tol, Dahlan Dianggap Populis



Anggota Komisi VI DPR Arya Bima menyentil ucapan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang mengatakan sedang meminta Jasa Marga untuk melakukan kajian agar motor bisa masuk jalan tol. Dia meminta Dahlan agar tidak sembarangan bicara sebelum hasil pengkajian tersebut keluar, karena kebijakan ini tidak semudah membalik telapak tangan.

“Dikaji dululah sebelum dibicarakan. Bisa-bisa ini hanya statement populis untuk mencalonkan diri jadi presiden,” ungkap Arya Bima ketika ditemui di DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/2).

Walaupun demikian, Arya Bima belum bisa memutuskan apakah kebijakan adanya jalur motor dalam tol ini bisa diimplementasikan atau tidak. Dia menunggu hasil pengkajian lebih lanjut yang sedang dilakukan pihak Jasa Marga.

“Desain awal jalan tol untuk roda empat. Jangan sampai roda dua dimasukkan ke situ karena kecepatan tinggi di tol. Kalau tidak membahayakan jalur motor ya kita tunggu dulu saja studynya,” ucapnya.

Dalam jangka pendek, Arya Bima mengusulkan Dahlan untuk lebih memperhatikan jalur untuk transportasi publik dari pada jalur motor. Bagaimana membuat halte-halte bus yang nyaman agar masyarakat bisa beralih ke angkutan umum.

“Yang penting jalur transportasi publik, ruas untuk halte-halte. Kalau motor masuk tol itu membahayakan, karena jalur cepat. Jangan membahayakan motor. Kalau motif benar silakan. Buat Dahlan harus lebih banyak kerja daripada bicara,” tutupnya singkat.

sumber merdeka

Jalan Tol Khusus Motor Bisa Dibangun, Asal..



JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengusulkan agar kendaraan roda dua dapat memasuki jalan bebas hambatan alias jalan tol. Untuk itu, diperlukan lahan yang memadai, agar motor dapat turut melintas di tol.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Adityawarman mengatakan, usulan tersebut dapat terealisasi jika jalur tol tersebut memang memiliki lahan yang visible. Menurutnya, di beberapa tempat, jalan tol sudah tidak mungkin lagi dilintasi oleh motor.

“Kalau seperti jalur Cawang-Tomang itu sudah tidak bisa lagi disediakan untuk jalur motor,” ujar Adityawarman kepada wartawan, di Jakarta, Senin (4/2/2013).

Dia menjelaskan, pada dasarnya kendaraan roda dua bisa masuk ke jalur tol meski tidak dapat dijadikan satu dengan kendaraan roda empat. “Harus disediakan lajur khusus untuk motor maka diperlukan lahan khusus,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta Jasa Marga untuk melakukan studi pembuatan jalur motor di ruas tol Jakarta. Ruas untuk motor yang diusulkan Dahlan, nantinya dibuat di pinggir atau lajur kiri.
(mrt)

sumber okezone



Ini Jalan Tol yang Cocok Dibangun Jalur Motor



Liputan6.com, Jakarta : PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mendukung usulan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan untuk menyediakan jalur khusus bagi kendaraan roda dua. Tapi tidak semua jalur tol cocok dilewati motor.

Menurut Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman, rute jalan tol yang cocok untuk dibangun jalur khusus kendaraan bermotor yaitu jalur Bekasi-Jakarta. Bogor-Jakarta dan Tangerang-Jakarta.

“Lahan yang di daerah sana masih banyak dan dapat digunakan untuk jalur motor,” katanya kepada wartawan, Senin (4/2/2013).

Daerah tersebut masih bisa dibangun jalur tol khusus dilewati kendaraan bermotor. Pembangunan jalan tol untuk kendaraan bermotor akan dibuat seperti jalan tol yang ada di Bali dan Surabaya.

“Nanti jalan tol akan dibangun seperti jalan tol yang ada di daerah Bali dan Surabaya,” jelasnya.

Ia menyatakan dengan masuknya motor ke jalan tol diharapkan dapat meningkatkan pendapatan perseroan

“Jika motor masuk tol maka nilai investasi yang dikeluarkan bisa kembali lebih cepat. Oleh karena itu, nanti kami akan membawa usulannya ke rapat direksi,” ujar dia.

Menteri BUMN Dahlan Iskan sebelumnya meminta Jasa Marga melakukan studi pembuatan jalur motor dalam tol di Jakarta. Hal itu dilakukan seiring dengan tingginya pertumbuhan sepeda motor dan solusi kemacetan di Jakarta.

Menurut dia, jalur khusus motor bisa dibuat di jalur tol dengan menambah sayap-sayap jalan di tol yang sudah ada. “Peraturan membolehkan ini. Saya sedang memikirkan dan akan meminta Jasa Marga melakukan studi membuat sayap di jalan tol untuk sepeda motor,” ujar Dahlan beberapa waktu lalu.

Untuk tahap awal, jalan tol Ngurah Rai – Nusa Dua- Benoa akan dilengkapi dengan jalur motor. Adapun tarif yang dikenakan bagi sepeda motor yang melewati jalur tersebut yaitu sekitar Rp 4 ribu sekali jalan. (Dis/Ndw)

sumber liputan6 [dot] com


Quote:


Berita Sebelumnya:
Dahlan lobi Jasa Marga buat jalur motor di tol Jakarta
Motor Masuk Jalan Tol, Pendapatan Operator Tol Meningkat
Jalan Tol Bandara Ngurah Rai Hingga Tanjung Benoa Selesai Juni 2013


Berita Terkait
Dahlan: Pengendara motor harus diperhatikan s



galeri gambar
Spoiler for kira-kira kek gini nantinya:

Spoiler for ne pas darurat banjir kemaren. motor boleh masuk tol:

Spoiler for Oom bule masuk tol. ditilang ma polisi:
Diubah oleh LoE_Seifer 04-02-2013 15:36
0
4.7K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.