Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

polisitiduranAvatar border
TS
polisitiduran
- Subspesies Harimau -
awali dengan




emoticon-PeaceSELAMAT DATANG DI THREAD POKISDURemoticon-Peace


Langsung aja gan emoticon-Big Grin

SUBSPECIES OF TIGER


Spoiler for First:


Ke 6 Subspesies Ini Adalah

[spoiler=Harimau Amur / Siberia (Panthera Tigris Altaica)


Beberapa fakta tentang Harimau Amur/Siberia :
- Dikategorikan Terancam punah (Endangered) dalam daftar lembaga konservasi dunia IUCN; dan masuk dalam CITES: Appendix I yang artinya perdagangan internasional komersial dilarang.
- Merupakan subspesies harimau dan spesies kucing terbesar di dunia. Ukurannya bisa mencapai 3,3 meter dengan berat 300 kg.
- Memiliki bulu yang panjang dan lapisan lemak yang tebal untuk bertahan di musim dingin. Tapak kakinya yang besar berfungsi seperti sepatu salju.
- Mayoritas subspesies ini hidup di Taman Nasional Zov Tigra yang dalam Bahasa Inggris artinya Roar of Tiger di daerah Sikhote-Alin, Rusia.
- Habitat alaminya adalah di taiga/hutan boreal di Rusia Timur Jauh dan bagian utara RRC.
- Dibanding subspesies lainnya, warna harimau Amur lebih pucat dengan belang coklat.
- Pada tahun 1940, hanya ada sekitar 40 ekor harimau Amur di alam bebas. Berkat upaya konservasi yang dilakukan Pemerintah Rusia,WWF dan mitra lainnya, populasinya naik pada kisaran 431-529 dan statusnya diturunkan dari “kritis” menjadi “terancam punah”.[/spoiler]

[spoiler=Harimau Bengal/India (PantheraTigris Tigris)

Beberapa fakta tentang Harimau Bengal/India :
- Dikategorikan Terancam punah (Endangered) dalam daftar lembaga konservasi dunia IUCN; dan masuk dalam CITES: Appendix I yang artinya perdagangan internasional komersial dilarang. Merupakan spesies harimau terbanyak di dunia dengan populasi 1800 individu di alam bebas.
- Diberi panggilan “Royal Bengal Tiger” karena merupakan satwa nasional negara India dan Bangladesh.
- Harimau India memiliki bulu berwarna oranye dengan belang hitam yang tegas. Kuping mereka berwarna hitam dengan bintik putih, dan ekor yang panjang.
- Harimau putih termasuk subspesies harimau Bengal yang berwarna putih karena pengaruh gen resesif.
- Harimau Bengal memangsa rusa, babi hutan, bahkan leopard dan beruang.
- Auman harimau bisa terdengar sampai radius 3 km.
- Habitatnya tersebar di Bangladesh, Bhutan, China, India, Myanmar dan Nepal, di hutan musim kering maupun basah, padang rumput, hutan sal (Shorea robusta), serta hutan bakau.
- Dalam mitologi India, harimau merupakan tunggangan Dewa Durga. Spesies ini dianggap sebagai saudara manusia, perwujudan ibu pertiwi (mother earth) dan raja hutan.[/spoiler]

[spoiler=Harimau Indochina (Panthera Tigris Corbetti)

Beberapa fakta tentang Harimau Indochina
- Dikategorikan Terancam punah (Endangered) dalam daftar lembaga konservasi dunia IUCN; dan masuk dalam CITES: Appendix I yang artinya perdagangan internasional komersial dilarang. Diperkirakan populasi harimau Indochina berada pada kisaran 700-1225 individu di alam bebas.
- Populasinya tersebar di enam negara: Thailand, Kamboja, Cina, Laos, Myanmar dan Vietnam, di hutan tropis dan subtropis lembab.
- Bagian atas tubuh harimau ini memiliki varian warna dari oranye kemerahan sampai kekuningan dengan warna putih di bagian perut. Belangnya berwarna hitam atau abu-abu gelap.
- Keberadaannya semakin terfragmentasi akibat pesatnya pembukaan lahan, menyebabkan terisolasinya populasi dan mempermudah aktivitas pemburu liar.
- Di Kamboja, selain menggunakan camera trap, anjing dilatih untuk mencari bau dan jejak harimau. Temuan yang dihasilkan akan membantu upaya konservasi harimau.
- Bau urin dan kotoran yang ditinggalkan oleh harimau merupakan kode yang hanya bisa diterjemahkan oleh harimau lainnya, misalnya sebagai peringatan batas wilayah atau informasi bagi lawan jenisnya.
- Harimau adalah satwa yang dihormati di Vietnam. Ia dijuluki “chua son lam” yang berarti lebih kuat dari penghuni gunung lainnya.[/spoiler]


To Be Continue.....
Diubah oleh polisitiduran 21-11-2012 12:53
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
4.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.