Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Michael_SutedjaAvatar border
TS
Michael_Sutedja
Apakah Satu Hari itu 24 Jam? Ini Pendapat Para Ahli
Berapa jam sebenarnya dalam satu hari di bumi? Ayolah, semua orang sudah tahu, kan? Mungkin tidak. Kebanyakan orang berpikir bahwa satu hari adalah 24 jam dan hal itu tidak akan berubah. Dan ternyata hal itu kurang tepat.

Waktu yang dibutuhkan bumi untuk berputar pada porosnya disebut sidereal day. Dan itu membutuhkan waktu 23 jam 56 menit dan 4 detik. Waktu yang dibutuhkan bumi untuk mengorbit matahari disebut solar day atau solar time. ini butuh sedikit uraian penjelasan. Ada yang disebut apparent solar time, rata-rata solar time, dan persamaan waktu.

Apparent solar time, atau yang juga biasa disebut true solar time, ditentukan oleh pergerakan matahari harian. Ini ditentukan dari interval pergerakan matahari terhadap haris tengah bumi. Panjang solar day bervariasi sepanjang tahun, dan akumulasi dari efek variasi ini (persamaan waktu) menghasilkan deviasi musiman hingga 16 menit. Mungkin Anda akan bertanya mengapa hal ini terjadi? Orbit bumi itu berbentuk elips dan garis axis bumi itu tidak lurus. Akibatnya, solar time day lebih pendek pada bulan Maret (26-27) dan September (12-13) daripada di bulan Juni (18-19) atau December (20-21). Pada tahun 2010, interval terpanjang dari Waktu Universal saat tengah malam (di Greenwich) adalah 86,471 detik dan interval terpendek adalah 86,325 detik.

Rata-rata solar time dihitung dari sudut jam konseptual dari rata-rata pergerakan matahari. Itu artinya, rata-rata solar time menggunakan skala Waktu Universal, yang dibangun secara matematis dari dasar observasi pergerakan harian sinyal radio yang berlokasi di galaksi lain, dan objek lain yang bisa diobservasi. Panjang dari rata-rata solar day itu tetap, tidak seperti apparent solar day, yang bisa lebih pendek 20 detik atau 30 detik lebih panjang daripada rata-rata solar day. Perbedaan antara apparent solar time dan rata-rata solar time disebut persamaan waktu. Panjang dari rata-rata solar day meningkat karena adanya akselerasi Bulan terhadap Bumi, dan menurunnya kecepatan bumi terhadap bulan.

Persamaan waktu adalah perbedaan antara apparent solar time dan rata-rata solar time pada lokasi yang sama di bumi. Persamaan waktu yang bisa terbentuk disebabkan oleh dua kejadian astronomi yang sudah disebutkan di atas : Orbit bumi itu berbentuk elips dan garis axis bumi itu tidak lurus.

Sulit untuk menjelaskan “ Berapa lama satu hari di bumi” karena ada banyak variabel. Hal yang paling mudah adalah dengan menjawab bahwa satu hari adalah 24 jam pada situasi perbincangan.


Sources:
http://www.universetoday.com/14700/h...-day-on-earth/


Thread ini ane terjemahin sendiri dari source semoga ane ga repost dan kalo agan2 berkenan tolong emoticon-Rate 5 Star ato kasi cendol juga boleh hehe emoticon-Blue Guy Cendol (L)

ditunggu pendapat agan2 skalian tentang fakta ini hehe


0
12.5K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.