Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

maulana85Avatar border
TS
maulana85
Apple Final Cut Pro vs Adobe Premiere Pro
Seperti yang sudah kita tahu, kedua aplikasi video editing ini sudah sangat populer dan rata-rata para pekerja professional menggunakan salah satu dari kedua aplikasi ini dalam produksi film, sinetron maupun iklan. Setiap aplikasi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan kedua aplikasi ini.

Beberapa orang menganggap persaingan ini seperti persaingan antara Mac vs Windows. Karena Final Cut Pro (FCP) dikenal hanya berjalan di sistem operasi Mac OS X, dan Adobe Premiere yang pada awalnya hanya berjalan di Windows. (sekarang sudah ada versi Mac nya)

Jujur saja saya sendiri karena pengguna Mac, saya baru merasakan memakai FCP dan belum pernah memakai Premiere. Jadi saya tidak bisa terlalu membandingkan terlalu banyak. Tetapi melihat forum2 dan artikel yang beredar di internet mengatakan masing2 aplikasi ini bekerja sangat baik bila menggunakan sistem operasinya masing-masing pula (FCP di Mac, Premiere di Windows). Kalau menurut saya karena sudah memakainya beberapa tahun belakangan ini, FCP merupakan aplikasi video editing yang sangat powerful. Bekerja sangat responsif dan sangat stabil. Karena saya baru mencoba menggunakan FCP jadi saya tidak bisa membandingkan fitur2 yang tersedia di Adobe Premiere dan yang tersedia di FCP.

Final Cut Pro dan Adobe Premiere, keduanya adalah software standalone, bila ingin memiliki aplikasi lain yang mendukung video editing, kedua aplikasi ini juga menawarkan bundle, yang berisi sound effect editing, pengaturan warna, video effect, dan lain-lain.

Bila uang bukanlah masalah bagi anda, tidak ada salahnya mencoba Final Cut Pro, karena kita akan diberi bermacam-macam fitur pendukung video editing yang sangat lengkap. Sebaliknya anda bisa memilih Adobe Premiere bila mempunyai keterbatasan dana, apalagi bila anda menggunakan sistem operasi Windows. Selain itu bila ingin tetap mencoba Final Cut Pro tetapi benar2 mempunyai keterbatasan dana, bisa mencoba Final Cut Express, aplikasi yang lebih terjangkau ini sama persis seperti FCP hanya ada beberapa fitur tambahan tidak disertakan, tapi tenang saja fitur2 utama di FCP ada semua di Final Cut Express.
0
27K
20
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mac Applications & Games
Mac Applications & GamesKASKUS Official
647Thread551Anggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.