Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [Inspirasi] Setiap orang bisa punya jalan, tantangan, dan kesuksesan masing2 !

FraternizeAvatar border
TS
Fraternize
[Inspirasi] Setiap orang bisa punya jalan, tantangan, dan kesuksesan masing2 !


Terkadang kita berpikir bahwa kesuksesan itu ialah ketika kita sudah kaya dan hidup berkecukupan. Padahal, kehidupan ini menyajikan banyak sekali jalan yang bisa kita tempuh. Berbeda jalan yang kita tempuh, berbeda pula tantangannya.

Karena itu, ketika kita tidak berada di jalan yang kita inginkan (misalkan ketika kita tidak lulus pada jurusan yang kita diinginkan), belum berarti kita gagal dalam mencapai kesuksesan. Yang terjadi hanyalah, kita hanya tidak bisa mengambil jalan kesuksesan yang kita inginkan, tapi kita tetap bisa mengambil jalan-jalan kesuksesan lainnya. Berbeda jalan yang kita tempuh, maka akan berbeda pula tantangannya, berbeda pula arti kesuksesannya.

Sebagai contoh, kesuksesan bagi seorang pemain bola bukanlah ketika ia mendapat gaji yang tinggi, namun kesuksesan yang sebenarnya adalah ketika ia mendapatkan penghargaan dan/atau mengantarkan timnya mendapat penghargaan. Begitu juga dengan seorang guru, tantangannya adalah agar ia mampu mendidik para muridnya menjadi orang yang berhasil. Sehingga ketika muridnya sudah berhasil, maka guru itu sudah bisa dikatakan sukses.

Karena itu, janganlah kita menyombongkan diri dengan kesuksesan kita, dan menganggap orang lain telah gagal mencapai kesuksesannya. Karena kita tidaklah mengetahui dengan jelas, jalan apa yang sedang ditempuh oleh seseorang. Dengan begitu indikator kesuksesannya pun tidak kita ketahui.
Hendaknya kita menghormati setiap jalan yang ditempuh oleh orang lain, dimana ia akan menghadapi tantangan yang berbeda dengan yang kita hadapi. Karena itulah, sukses itu banyak macamnya, tergantung dari jalan kesuksesan mana yang kita tempuh. Kita sendirilah yang menentukannya, kita yang mengaturnya. Ketika kita menggapai kesusksesan itu sesuai dengan jalannya, itulah yang merupakan arti sukses yang sebenarnya. Bukan pada pujian atau perkataan dari orang lain. Kita yang menjalaninya, kita sendirilah yang paling mengetahuinya.

sumber : Kharda's Blog
0
988
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.