Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

guamonyetAvatar border
TS
guamonyet
Ini Alasan Kenapa RI Butuh Asing Untuk Garap Migas
Rama Dhany - detikfinance
Selasa, 29/01/2013

Jakarta - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini dalam komik karangannya menjelaskan mengapa Indonesia masih butuh asing dalam pengelolaan hulu minyak dan Gas Bumi sampai saat ini.

"Kegiatan eksplorasi masih mengandung resiko kegagalan, kendati menggunakan kajian geologi maupun kajian goefisika untuk mencari minyak," kata Rudi dalam komiknya 'Eksplorasi Migas Yang Ramah Lingkungan' dikutip detikFinance, Selasa (29/1/2013).

Kegagalan sering terjadi, kata Rudi, karena kesalahan interpretasi data geologi dan geofisika.

"Sebab tidak ada jaminan bahwa batuan yang ditemukan menghadap ke bawah adalah batuan reservoir yang mengandung minyak. Kegiatan eksplorasi yang dilakukan adakalanya hanya berpotensi menemukan batuan berbentuk mangkok teralik tetapi isinya air belaka," ucapnya.

Kata Rudi dalam komiknya, sampai sekarang ini, sayangnya Indonesia belum memiliki teknologi yang dikembangkan secara mandiri di bidang migas.

"Sehingga masuk harus mengimpor dari negara-negara maju lainnya. Indonesia juga tidak memiliki dana cukup besar yang berani digunakan untuk membiayai kegiatan berisiko tinggi seperti eksplorasi, dan masih membutuhkan tenaga asing yang ahli di bidang eksplorasi. Berbagai kelemahan ini membuat kita tidak mempunyai pilihan lain selain bekerja sama dengan pihak asing, tentunya yang memiliki pendanaan yang sangat besar bisa mencapai miliaran dolar As," jelas Rudi.

Apalagi dengan luas laut Indonesia saat ini, baru 5% yang dieksplorasi sumber daya migasnya.

"Laut kita luas, dan yang sudah dieksplorasi tidak lebih dari 5%, juga masih ada daratan yang belum dieksplorasi maksimal," tandas Rudi.

Sungguh bodoh dan gak berkualitas nya kah SDM Bangsa INDONESIA ini ..???


emoticon-Matabelo
emoticon-No Hope
0
1.2K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.