Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AdanWAvatar border
TS
AdanW
Apple Dituduh Sembunyikan Miliaran Dollar dari Dinas Pajak


Setelah memberikan laporan atas penghasilan selama kuartal keempat tahun 2012 pekan lalu, sejumlah pengamat keuangan menilai Apple telah berlaku curang untuk menghindari pajak yang lebih besar. Diperkirakan Apple telah menyembunyikan sedikitnya 1 miliar dari penghasilan Q412. Hal ini tampaknya telah menjadi kebiasaan Apple mengingat hal serupa juga terjadi pada kuartal sebelumnya.

Dari penghasilan yang diperoleh, Apple mengalokasikan kurang dari 2% untuk membayar pajak di luar Amerika. Rendahnya persentase untuk pajak itu diperkirakan karena Apple telah mengalihkan uangnya ke negara-negara dengan nilai pajak rendah, seperti di British Virgin Islands.

Menurut ulasan Sunday Times hari Minggu kemarin (27 Jan), strategi penghindaran pajak yang dilakukan Apple mampu menyelamatkan kas Apple dari kewajiban membayar pajak dalam negeri sebesar $94 miliar. Sementara itu kewajiban pajak Apple di luar Amerika hanya tercatat 1,9% saja dari laba yang diperoleh. Sebagai perbandingan, pajak yang harus dibayar Apple di Amerika mencapai 35% dan di Inggris mencapai 24% dari laba per kuartal.

Pada tahun 2011, Apple diperkirakan telah mangkir dari kewajiban membayar pajak 550 juta poundsterling atau sekitar USD 867 juta di Inggris. Dalam laporan terbaru, penghasilan Apple di Inggris mencapai lebih dari £1 miliar dengan laba £81,3 juta. Dengan nilai itu maka pajak yang seharusnya dibayar Apple adalah £14,4 juta atau sekitar USD 22,70 juta

Tingginya pajak bagi perusahaan-perusahaan besar menjadikan mereka mengakalinya dengan mengalihkan uang ke negara-negara kecil. Apple hanyalah salah satu dari banyak perusahaan besar yang berusaha mangkir dari kewajiban membayar pajak menggunakan cara-cara yang dianggap 'tidak etis' walaupun tidak disebut sebagai tindakan ilegal. Meskipun demikian Perdana Menteri Inggris, David Cameron, tetap berusaha mengajak para pemilik perusahaan besar untuk menghindari cara tersebut dan memenuhi kewajiban membayar pajak.

Selain Apple, diketahui Starbucks juga menjadi salah satu perusahaan besar yang menyembunyikan penghasilannya dari dinas pajak. Demikian halnya dengan Facebook yang disebut bermasalah dengan petugas pajak di Italia

KLIK ---- > sumber

__

wew... bisa tekor nih apple kalau bener terbukti ngemplang pajak emoticon-Matabelo
Diubah oleh AdanW 28-01-2013 08:40
0
1.1K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.2KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.