Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

uglycupcakeAvatar border
TS
uglycupcake
rahasia bentuk sarang lebah
thread pertama ane gan.. maklum newbie.. semoga menambah pengetahuan agan dan sista..
maaf kalo emoticon-Repost tapi jangan sampe dikasih emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan
kalo berkenan boleh gan emoticon-Rate 5 Star sama emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya..

cekidot

mungkin beberapa orang tidak terlalu ingin tahu kenapa sarang lebah berbentuk segi enam, yang terkenal hanya manfaat madu. sama seperti saya sebelumnya, sampai saat SMA ,guru kimia menanyakan hal itu dan tidak memberi jawaban. padahal lebah merupakan arsitek alam terbaik.
hal ini dibuktikan menurut ilmu matematka :

Lebah telah memilih struktur hekasgonal untuk membangun sarangnya. Semua lubang sarang madu berukuran simetris. Sarang lebah dibangun seperti sebuah potongan pipih segi enam saling berhimpit tanpa ruang kosong tersisa. Satu unit sarang lebah terdiri dari prisma segi enam dan bagian bawah pada pertemuan dengan unit sel dibelakangnya berbentuk limas segi enam. Jadi
Volume Sarang Lebah = Volume prisma segi enam + Volume limas segi empat

hal ini berbeda dengan bentuk lingkaran dan segi lima yg terdapat celah kosong saat berhimpitan.


bentuk ruang dengan penampang segitiga atau segiempat bisa jadi juga menghasilkan kombinasi yang optimal.


Walaupun demikian, bahan baku lilin yang dibutuhkan untuk membuat bentuk-bentuk ini ternyata lebih banyak daripada yang dibutuhkan untuk membuat bentuk ruang dengan penampang heksagonal. hal ini berdasarkan keliling segi enam lebih kecil dengan daya tampung yang lebih besar bila dibandingkan dengan segitiga dan segiempat.

Lebah membangun sarangnya dengan menyusun dari sudut-sudut yang berbeda, biasanya dari empat titik yang berbeda dan bertemu di tengah. Dalam rongga sarang yang dibuat lebah antara satu dengan yang lainnya dibelakang selalu dibuat dengan kemiringan 13 derajat dengan posisi miring keatas. Dengan maksud agar madu yang telah disimpan tidak tumpah dalam masa penyimpanan.


Sarang yang dibangun lebah dapat menampung 80 ribu lebah yang hidup dan bekerja bersama-sama, dengan menggunakan sedikit bagian dari lilin lebah.
Sarang tersebut tersusun atas sarang madu berdinding lilin lebah, dengan ratusan sel-sel kecil pada kedua permukaannya.Lebah menggunakan sel-sel ini untuk menyimpan makanan dan memelihara lebah muda.

Ahli matematik memberikan alasannya: “struktur segi enam adalah bentuk geometris yang paling sesuai untuk memanfaatkan setiap bahagian unit secara maksimum”.

sejak lahir lebah memiliki kemampuan untuk membuat sarangnya, lalu siapa yang mengajarinya? hal ini telah tertulis di Al-Qur'an. Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia," kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An Nahl, 16:68-69)

untuk memperjelas cekidot video nya gan
[YOUTUBE][youtube]u70V5eSOIbU[/YOUTUBE


maaf kalau thread nya kurang rapi gan emoticon-Sorry

kaskuser yang baik selalu meninggalkan jejak emoticon-2 Jempol[/youtube]
Diubah oleh uglycupcake 27-01-2013 14:09
0
6.4K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.