Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • `Importir` Sebut Konsumen yang Sering Makan Buah `LOKAL` Bakal `DIARE`

Gendut_79Avatar border
TS
Gendut_79
`Importir` Sebut Konsumen yang Sering Makan Buah `LOKAL` Bakal `DIARE`


Jakarta - Pengusaha importir buah keberatan dengan kebijakan pemerintah yang membatasi pemberian Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) terhadap buah dan sayur impor. Dengan berbagai alasan mereka melakukan perlawanan seperti memberikan pernyataan-pernyataan yang menyudutkan produk buah lokal.

Wakil Ketua Gabungan Imporir Hasil Bumi Indonesia (Gisimindo) Bob B Budiman mengatakan pemerintah melarang dan membatasi impor buah, artinya masyarakat Indonesia harus mengkonsumsi buah lokal, kalau tiap hari makan buah lokal bisa diare.

"Kalau kita makan buah lokal saja seperti manggis, apel, jeruk, mangga (lokal) bisa diare," kata Bob kepada detikFinance, Minggu (27/1/2013).

Bob punya alasan tersendiri soal pernyataanya itu, menurutnya buah-buah lokal tersebut rasa buahnya lebih dominan asem daripada rasa manis. "Ya karena rasanya kecut (asam), seperti Apel malang kan kecut, beda sama apel China atau Apel Washington yang rasanya manis dan lebih enak," ujar Bob.

Untuk itulah menurut Bob aturan larangan tersebut dianggapnya kontroversial. Beberapa konsumen di Indonesia masih memerlukan buah impor dengan pertimbangan kualitas lebih baik.

"Ini aturan kontroversial, konsumen mempunyai hak untuk mendapatkan buah yang berkualitas baik, kalau buah impor kualitasnya lebih bagus kenapa dilarang," ujarnya lagi.

Sebelumnya, pemerintah melalui menteri pertanian telah mengeluarkan Permentan nomer 60 Tahun 2012 dan Permendag No 60/2012 soal impor hortikultura. Keenam produk buah tersebut tidak mendapatkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) untuk periode Januari hingga Juni 2013. Enam jenis buah yang dilarang masuk ke Indonesia yakni durian, nanas, melon, pisang, mangga dan pepaya.

Selain itu 4 jenis produk sayuran dan 3 produk bunga, sehingga totalnya yang dilarang masuk Indonesia hingga 6 bulan hingga Juni 2013, setidaknya ada 13 produk hortikultura.

Berikut ini 13 produk hortikultura yang dilarang masuk sementara:

1. kentang
2. kubis
3. wortel
4. cabe,
5. nenas
6. melon
7. pisang
8. mangga
9. pepaya
10. durian
11. krisan
12. anggrek
13. heliconia


Sumber : [url]http://finance.detik..com/read/2013/01/27/152823/2153347/4/importir-sebut-konsumen-yang-sering-makan-buah-lokal-bakal-diare?[/url]

Catatan gendut_79 :

Alasan makan buah lokal membuat kita akan DIARE..sangat tidak berdasar dan mengada..ada.., Ane sering makan buah lokal seperti apel malang, nggak pernah sakit perut apalagi mencret..., KAMPRETTTT tenan.. emoticon-Mad (S)
Diubah oleh Gendut_79 27-01-2013 10:41
0
3.2K
42
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.