AdanWAvatar border
TS
AdanW
Selamat Ulang Tahun, Pep Guardiola


Pada 18 Januari 1971, eks pemain dan eks manajer Barcelona, Pep Guardiola lahir di Santpedor, Spanyol. Pada ulang tahunnya yang ke-42 ini, Guardiola seakan "mengkadoi" dirinya sendiri lebih awal dengan kepastian melatih Bayern Munchen musim depan, putusan yang terbilang tak disangka-sangka setelah rumor kuat dirinya bakal ke Premier League.
Mengawali kariernya di lapangan hijau sebagai pemain, Guardiola sendiri bergabung ke Barcelona pada 1983. Kala itu, dia masih bocah berusia 12 tahun di akademi La Masia.
Barulah tujuh tahun kemudian dia menandatangani kontrak profesionalnya dengan El Barca, yaitu pada 1990. Dia kemudian dipanggil masuk ke tim senior oleh pelatih Barca saat itu, Johan Cruyff.
Bermain di posisi tengah sebagai gelandang bertahan, Guardiola meraih sejumlah gelar bersama Tim Catalan. Di antaranya adalah enam gelar Liga BBVA di antara rentang 1991 hingga 1999 dan satu European Cup pada 1992.
Pada 2001, Guardiola yang berusia 30 tahun meninggalkan Spanyol dan menghabiskan waktunya untuk membela Bresia (2001-02, 2003), AS Roma (2002-03), Al-Ahli (2003-05), dan Dorados (2005-06).
Setelah pensiun pada 2006, dia memilih untuk rehat setahun sebelum kembali ke Barca pada 2007 sebagai pelatih Barcelona B. Namun, hanya satu musim setelahnya, pihak klub mempromosikan dirinya menjadi pelatih tim senior, menggantikan Frank Rijkaard.
Melatih tim senior El Barca, pada musim pertamanya dia langsung menyabet gelar Liga BBVA (2008-09). Hebatnya lagi, gelar juara liga itu berhasil dipertahankannya selama dua musim ke depan.
Sayangnya, pada akhir musim 2011-12, gelar tersebut menjadi milik rival mereka, Real Madrid. Sementara pada musim itu Barca hanya memenangi Copa del Rey. Hingga akhirnya meninggalkan Barca, total sudah 14 trofi yang berhasil dipersembahkan Pep dalam empat musim kepelatihannya. Di samping sejumlah prestasi individual sebagai pelatih, terpilihnya dia sebagai FIFA World Coach of the Year pada 2011 menandai perjalanan emas kariernya di Camp Nou.
Usai memutuskan untuk meninggalkan Barca, Guardiola memilih untuk menetap di Amerika. Dia ingin rehat satu musim dari dunia lapangan hijau sebelum kembali melanjutkan karier kepelatihannya.
Dan, akhirnya dua hari jelang ulang tahunnya ke-42, klub pelabuhan baru pelatih yang banyak diperebutkan klub-klub top Eropa itu terungkap setelah Bayern mengumumkan telah mengikat Pep dengan kontrak hingga 2016 yang dimulai musim depan. Guardiola bakal menggantikan pelatih Jupp Heynckes yang kontraknya habis pada musim panas nanti

sumber

__
akhirnya pelatih ini lebih memilih karier di jerman emoticon-Cendol (S)

selamat ulang tahunnnnnn emoticon-Angkat Beer
0
754
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.