Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dvoyAvatar border
TS
dvoy
Doger Monyet Akan Ditertibkan

Foto : Ilustrasi

Dianggap Menggangu dan Mengeksploitasi Binatang

Bandung, (PR).-

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan segera menertibkan doger monyet yang "menguasai" banyak persimpangan jalan. Selain mengganggu pengguna jalan, keberadaan atraksi dianggap mengeksplotasi binatang.

"Sebenarnya penertiban sudah sering kami lakukan terhadap doger monyet. Namun, entah kenapa, mereka selalu muncul kembali", kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung Siti Masnun Samsiati, saat dihubungi, Senin (21/1)

Ia mengatakan bahwa hasil operasi penertiban berupa kotak dan monyet diamankan ke Kantor Dinsos Kota Bandung. "Kotak disimpan di kantor, sedangkan monyet kami serahkan ke Kebun Binatang Bandung", ucapnya.

Menurut dia, alasan klasik kemunculan kembali pengamen doger monyet sesudah penertiban adalah masalah ekonomi. "Mereka yang ditertibkan mengaku tak punya pekerjaan lagi untuk menghidupi keluarga", ucapnya.

Aktivitas doger monyet yang berada di tengah jalan, kata Siti, berbahaya terhadap para pengamennya. Mereka berpotensi tertabrak kendaraan. Tak hanya itu, monyet yang digunakan dalam atraksi pun dieksploitasi dan kerap mengalami siksaan demi kepatuhan terhadap perintah majikannya. "Kami melakukan pembinaan terhadap orang-orang yang terkena penertiban melalui penyuluhan. Akan tetapi, memang, pembekalan keterampilan untuk bekal hidup pengamen doger monyet belum dilakukan Dinsos Kota Bandung", ucapnya.

Keterbatasan Anggaran
Siti mengatakan bahwa Dinsos Kota Bandung terkendala keterbatasan anggaran dalam mengatasi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). "Meskipun demikian, penertiban akan segera dilakukan kembali. Kami menunggu turunnya anggaran yang masih dalam evaluasi gubernur", ujar Siti.

Ia pun mengakui hingga kini belum memiliki data pasti tentang jumlah pengamen doger monyet di Kota Bandung. Rencananya, Dinas Sosial baru akan melakukan pendataan pada tahun ini. Akan tetapi, yang jelas, kata dia, sebagian besar pengamen doger monyet berasal dari luar Kota Bandung. "Seperti dari Garut dan Subang", katanya.

Dia berharap, kedepan, Kota Bandung bersih dari PMKS, baik dari anak jalanan, gelandangan, manusia silver, maupun doger monyet. "Tolong dukung kami dalam melaksanakan penertiban PMKS", ujarnya.

sementara itu, seorang penghendara sepeda motor, Miftahul Khoer mengatakan, penertiban doger monyet harus tetap memperhatikan nasib pengamennya. "Di satu sisi, mereka menghibur para pengguna jalan saat berhenti di lampur pengatur arus lalu lintas. Di lain sisi, mereka dianggap mengganggu ketertiban jalan", ucapnya.

Oleh karena itu, dia meminta Pemkot Bandung juga memberikan keterampilan untuk bekal hidup jika pengamen doger monyet ditertibkan dan dilarang beratraksi kembali.

Sumber : Koran Pikiran Rakyat
Selasa (Manis) 22 Januari 2013
10 Rabiul Awal 1434 H
Mulud 1946

Quote:
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 6 suara
Mana menurut agan yang harus dilakukan terhadap doger monyet tersebut?
Stop doger monyet karena merupakan masalah PMKS
0%
Lanjutkan doger monyet karena merupakan warisan budaya
0%
Stop doger monyet karena mengeksploitasi binatang
50%
Stop doger monyet karena merupakan masalah PMKS dan perlindungan satwa
50%
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.