Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

r.c.t.i.o.kAvatar border
TS
r.c.t.i.o.k
5 Faktor yang Bisa Bikin Karir Melesat
Quote:

Apakah Anda membuat resolusi dalam karir setiap tahun baru?. Apakah resolusi Anda tahun lalu tidak tercapai?. Jika ya, santai dan tetap berfikir positif.

Tidak ada kata terlambat untuk mengutak-atik lagi resolusi Anda untuk tahun ini. Nampaknya semua orang juga sepakat jika resolusi itu merupakan proses. Kombinasi dari identifikasi masalah, ide, alternatif solusi, serta aksi nyata.

Dunia kerja berubah semakin cepat sekarang ini. Jika Anda berpikir untuk tidak hanya memiliki pekerjaan, tetapi karir, maka Anda juga harus bersiap untuk berubah atau melakukan inovasi.

Dulu pada awal karir, hal yang penting adalah penguasaan seperti pendidikan dan pengalaman, bakat, etos kerja, karakter, kecerdasan, juga fleksibilitas. Saat ini itu semua masih penting, tapi ada hal lain yang juga penting, yakni faktor keterhubungan sosial, komunikasi, serta kolaborasi.

Berikut 5 cara berinovasi dalam karir, seperti dilansir Forbes, Kamis (10/1/2013).

1. Jadilah penyambung sosial, ide, dan niat

Orang yang mempunyai pengaruh kuat bisa jadi perekat dalam kelompoknya. Mereka piawai membuat jaringan dan menciptakan relasi yang mengagumkan. Menjadi penyambung adalah cara terbaik untuk mengelola hubungan di dunia hyperconnected.

2. Jadilah komunikator yang efektif

Komunikator yang efektif dapat menciptakan suasana atau relasi yang produktif. Mereka mampu membawa orang-orang sekeliling untuk bertukar pikiran. Di antara keterampilan yang Anda perlukan untuk menjadi komunikator yang efektif adalah empati, kesadaran diri, rasa ingin tahu, kesabaran, kecakapan menyimak, serta kemampuan menjaga hubungan.

3. Bekerjasama

Mungkin terdengar aneh, tetapi mampu berkolaborasi atau bekerjasama dengan pesaing menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda. Kebanyakan orang membangun iklim kompetisi yang sangat sengit. Padahal sebenarnya, Anda bisa belajar banyak dari pesaing, selagi Anda paham batas-batas kompetisi tersebut.

4. Bangun dan kelola merek Anda sendiri

Saya yakin banyak orang menolak langkah ini. Banyak orang berasumsi merek yang belakangan muncul itu tidak cerdas dan kurang pengalaman. Jangan hiraukan asumsi ini, karena mereka hanya ingin Anda menjadi tidak percaya diri dengan langkah yang Anda ambil.

5. Kurasi semua hal

Relasi, kenalan, produk, buku, teknologi, ketrampilan, bahkan pakaian, dan apapun yang melekat pada kehidupan karir Anda. Kurasi adalah ekspresi penilaian yang baik, bukan bukti mengendalikan perilaku. Kurasi yang tepat dapat membantu Anda lebih maju dalam karir. link
0
1.7K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.