Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BERlSlKAvatar border
TS
BERlSlK
10 Perusahaan berniat hengkang, 10 Ribu Pekerja Terancam PHK
JAKARTA - Niat 10 perusahaan padat karya asal Korea Selatan untuk hengkang dari Indonesia bakal merugikan negara dari sisi penerimaan maupun tenaga kerja. Karena ada 10 ribu pekerja yang terancam PHK jika 10 perusahaan itu hengkang.

"Satu perusahaan itu memperkerjakan 1.000 orang pekerja, jadi sebanyak 10.000 siap untuk di-PHK," kata Sekretaris Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Suryadi Sasmita.

Tidak hanya pekerja yang akan kena PHK, negara juga mengalami kerugian yang tidak sedikit. Menurut Suryadi, setidaknya negara kehilangan 5 persen devisa yang didapat dari ekspor produk dari 10 perusahaan tersebut.

"Pendapatan devisa ekspor bisa berkurang 5 persen. Hitungannya satu sepatu harga US$ 7, jika satu orang pekerja menghasilkan 5 papan, maka akan menghasilkan US$ 50," tuturnya.

Namun Suryadi menyatakan, 10 perusahaan itu baru sebatas niat untuk hengkang. Sampai saat ini mereka masih melakukan produksi seperti biasanya."Jadi 10 perusahaan itu ada di Tangerang, Bekasi dan Kawasan Berikat Nusantara (Cakung). Sebagian ada yang menunda dan ada lagi yang sedang menyiapkan. Keinginan itu bertahap saat ini mereka masih berproduksi dan menyelesaikan pekerjaan mereka," cetus Suryadi.

Seperti diketahui, 10 perusahaan ini ingin hengkang karena kenaikan upah yang sangat tinggi. Perusahaan-perusahaan ini berancang-ancang untuk memindahkan investasinya ke negara tetangga Indonesia, sebut saja Kamboja, Vietnam, bahkan China. (dtc/fia)

jpnn

Quote:
Diubah oleh BERlSlK 24-01-2013 05:14
0
1.3K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.