kartini31Avatar border
TS
kartini31
Lezatnya Makanan Khas Wakatobi
Sambil diving di Wakatobi, ikutin yuk acara jalan-jalan kuliner di destinasi yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya itu….

Siapa bilang Wakatobi dikenal cuma hanya karena keindahan bawah lautnya yang indah? Kenyataannya, tidak hanya itu saja, Mari beranjak ke darat dan nikmati lezatnya kuliner ala penduduk lokal disana. Berikut empat makanan khas Wakatobi:



1. Kasuami
Kasuami ibarat nasi bagi masyarakat Wakatobi. Tidak jarang bahkan mereka lebih suka menyantap kasuami dibandingkan nasi. Kasuami adalah makanan pokok Wakatobi yang berupa singkong yang diparut/digiling dan disaring sehingga tinggallah ampasnya.

Ampasnya ini pun masih lagi diperas dengan cara dipukul pukul hingga tidak ada airnya lalu dibentuk menjadi segitiga dan dipanaskan. Ada satu lagi jenis kasuami yang berbentuk bola/persegi panjang yang dilumuri dengan minyak dan terdapat bawang goreng yang dinamakan kasuami pepe. Makanan ini dapat dibeli di hampir semua pelosok wakatobi dengan kisaran harga Rp.3.000-Rp.4000. Rasanya seperti nasi yaitu sedikit hambar dan biasa dimakan dengan ikan.

Kondisi tanah di wakatobi yang berupa batu karanglah yang menyulitkan penduduk menanam beras sehingga mengalihkan mereka untuk mencari pengganti nasi. Tetapi ini justru membawa berkah karena kasuami dikatakan dapat bertahan lama hingga 1 minggu sehingga sangat cocok dijadikan bekal untuk para masyarakat yang pergi melaut.



2. Ikan Parende

Ikan ini hanya dapat ditemukan di wilayah Wakatobi dan sekitar pulau sulawesi. Namun hanya sebutannya saja yang berbeda beda. Ikan ini merupakan makanan paling pas untuk menikmati kasuami. Untuk cara memasaknya sama dengan ikan lainnya yakni dipotong potong terlebih dahulu tetapi bumbu ikan parende hanya menggunakan bawang merah, bawang putih, serai dan kunyit serta garam secukupnya. Uniknya lagi semua ikan parende disajikan berkuah dan tidak ada yang digoreng.



3.Luluta

Luluta adalah beras yang dibungkus dalam daun pisang yang kemudian dimasukkan ke dalam bambu untuk kemudian dibakar ujung bawahnya hingga beras tersebut matang didalamnya. Biasanya mereka menggunakan beras putih dan beras merah tetapi tidak dicampur dalam satu bambu.



4. Hebatu

Hebatu adalah teknik memasak menggunakan batu. Yang dimasak adalah sejenis lemper yang dinamakan tombole.Jadi pertama tama kita menyiapkan tombole tersebut. Kemudian panaskan batu karang yang banyak dijumpai di wakatobi. Ketika cukup panas maka batu ditumpuk menjadi segitiga. Saking panasnya, masyarakat harus menggunakan batang pisang untuk mengangkat/menjepit/mengeser batu sesuai tatanan segitiga tersebut. Setelah dibentuk, tombole disusun di sisi sisi batu panas tersebut. Setelah itu, tombole dan batu ditutup dengan daun pisang agar panas batu berpindah ke tombole dan membuatnya matang. Tunggu beberapa menit dan makanan siap dihidangkan!(rei)

[RIGHT]sumber[/RIGHT]
[RIGHT]sumber[/RIGHT]
0
3.9K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.