Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Cirebon
  • ◄ █ ▌▌Kota Cirebon Masuk Peta Wisata Dunia ▌▌█ ►

dnaevakuasiAvatar border
TS
dnaevakuasi
◄ █ ▌▌Kota Cirebon Masuk Peta Wisata Dunia ▌▌█ ►
Quote:


CIREBON, (PRLM).- Kota Cirebon masuk dalam peta wisata dunia, seperti halnya Bali, Lombok dan Pulau Komodo. Kunjungan ratusan wisatawan asal Eropa ke Cirebon terutama Keraton Kasepuhan, Minggu (6/1/13) menjadi salah satu buktinya.

Kota Cirebon menjadi Kota persinggahan pertama rombongan turis eropa dalam rangkaian tur wisata ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia dan Malaysia.

Ratusan turis yang datang dengan kapal pesiar MV Minerva dijemput dari Pelabuhan Cirebon menuju Keraton Kasepuhan, dengan kendaraan tradisional becak.

Iring-iringan becak yang dinaiki para turis itu, sengaja melewati sepanjang kota tua, sebelum sampai Keraton Kasepuhan.

Rombongan wisatawan harus melewati keramaian pasar malam Muludan yang rutin berlangsung setiap setahun, selama sebulan di sekitar kawasan Keraton Kasepuhan dan keraton lain di Kota Cirebon.

Salah seorang turis, Linda (64) asal Notingham, Inggris terlihat sumringah begitu menginjakan kakinya di tanah Pelabuhan Cirebon.
"Cirebon is very beatiful. All of around me are very beatiful (Cirebon sangat indah. Semua yang berada di sekeliling saya sangat indah)," tutur Linda.

Wajah sumringahnya semakin tampak saat ia ditemui di sekitaran Keraton Kasepuhan.
Di beberapa sudut Keraton Kasepuhan, ia terlihat begitu menikmati detail ukiran dan ornamen hiasan yang ada. Menurut dia, Keraton Kasepuhan sangat indah, begitu juga dengan masyarakat dan kotanya. "Cirebon is very beautiful," katanya.

Untuk memberikan kenyamanan, Maria ditemani oleh beberapa orang tour guide untuk mengiring seluruh turis. "Ada beberapa tempat yang memang sudah kami jadwalkan untuk kami kunjungi. Setelah keluar pelabuhan, kami berangkat ke kota tua Cirebon, hingga ke Keraton Kasepuhan," tambahnya.

Rombongan dibagi dua kelompok, 35 orang berkunjung ke batik trusmi dengan menggunakan bus pariwisata dan sisanya 245 orang diantar menggunakan becak pariwisata. Maria menjelaskan, perjalanan ini menghabiskan waktu cukup singkat. Pasalnya sekitar pukul 16.00 WIB, mereka harus sudah tiba kembal di area Pelabuhan Cirebon. Kemudian, akan melanjutkan perjalanan berikutnya.

Menurut Maria, salah seorang tim dari Nusantara Tour and Travel Agen, pengunjung berasal dari berbagai kebangsaan. Namun rata-rata didominasi dari Inggris. "Turis yang mengunjungi Keraton Kasepuhan, sekitar 280 orang. Mereka berangkat dari Singapura, dan langsung ke Cirebon," katanya.

Setelah itu, mereka akan bertolak ke Semarang, Bali, Lombok, Komodo, Makasar, Pare-pare, hingga Sandakan (Malaysia).

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat menyatakan, pihaknya sengaja menyiapkan penyambutan para turis asal Eropa itu dengan sesuatu yang tradisional.

"Dari mulai kendaraan yang ditumpangi menuju keraton, sampai sajian tarian dan makanan, kami menyiapkan yang serba tradisional," ujarnya.

Arief mengatakan, kunjungan turis dari Eropa itu semakin membuktikan kalau, Cirebon patut diperhitungkan. "Cirebon memiliki bukti sejarah kesultanan paling tua di Indonesia yang masih utuh yakni keraton," katanya.

Menurutnya, yang perlu terus ditngkatkan yakni fasilitas dan sarana prasarana lingkungan Keraton Kasepuhan. "Tempat istirahat, kebersihan dan kenyamanan lingkungan, bahkan hingga toilet menjadi penilaian untuk mereka," katanya.


Nih gan penampakannya ketika para turis trsebut berwisata ke cirebon.
Spoiler for JL PULASAREN:


Spoiler for KOMPLEK JL KASEPUHAN:


Spoiler for KELUAR PELABUHAN:


Spoiler for JL MERDEKA:


Spoiler for MULUDAN:


Ga nyangka sekarang cirebon menjadi destinasi wisata dunia setelah bali dan lombok. emoticon-Matabelo

Ayo Gan lestarikan kota kita dengan tidak membuang sampah sembarangan agar kita nyaman dan mereka senang emoticon-Smilie

Spoiler for penting:


TENGKYU SUDAH BERKENAN MAMPIR
0
6.3K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cirebon
CirebonKASKUS Official
813Thread389Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.